KAJIAN ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM

Authors

  • Teguh Iman Basuki Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas
  • Dita Rari Dwi R.T Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17118

Keywords:

UMKM, Daya Saing

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang sangat penting dalam perputaran roda perekonomian di Indonesia. Persoalan utama yang seringkali dihadapi UMKM yakni infrastruktur yang kurang mendukung, sistem perizinan dan birokrasi disertai biaya tinggi, akses informasi yang minim, khususnya informasi pasar, serta masalah permodalan, dimana tidak sedikit pelaku UMKM yang memiliki modal terbatas sulit mengembangkan usaha serta sulit bersaing dengan pelaku UMKM yang bermodal tinggi. Sebagaimana yang dialami oleh pelaku UMKM Supplier ayamsehat.com. Seiring berjalannya waktu, telah banyak bermunculan usaha-usaha sejenis yang memiliki modal lebih tinggi serta pangsa pasar yang luas. Terkait hal tersebut, kegiatan PKM yang dilakukan berupa kajian terkait analisis strategi peningkatan daya saing UMKM. Metode mediasi digunakan dalam kegiatan PKM meliputi: (1) studi pendahuluan, yang betrujuan untuk menggali berbagai informasi terkait situasi dan kondisi usaha Supplier ayamsehat.com serta mengetahui kendala apa yang tengah dihadapi; (2) kajian Pustaka guna memperoleh berbagai informasi dan referensi terkait berbagai faktor yang dapat menunjang peningkatan daya saing usaha UMKM dari segi konsep keilmuan; (3) analisis kajian terkait strategi peningkatan daya saing UMKM; (4) penyampaian hasil kajian kepada pemilik usaha berupa contoh bentuk strategi usaha yang dalam mengatasi kendala yang tengah dihadapi. Hasil analisis kajian yang dilakukan diantaranya meliputi alternatif strategi peningkatan daya saing bagi pelaku Supplier ayamsehat.com berupa strategi marketing serta strategi dalam melakukan variasi produk sebagai kekhasan dari produk Supplier ayamsehat.com.  

References

Barney, B.J. (2007). Gaining and Sustaining Competitive Advantage third edition. New Jersey:Pearson Prentice Hall.

Dangayach, G.S., Deshmukh, S.G. (2013). Manufacturing strategy, literature review and some issues.International Journal of Operations and Production Management, 21(7), 884-932.

Delmayuni. Asri., Hubeis. Musa., dan Cahyadi. Eko Ruddy. (2017). Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Pangan dI Palembang. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, Vol.11 No.1 hal. 98-122, Juli 2017.

Fadhila dan Cahyono. (2017). Pembuatan WebGIS Untuk Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Blitar. Jurnal Teknik ITS, 6(2), 2337-352.

Hubeis, M. et al. (2015). Strategi Pengembangan UMKM Pangan Berdaya Saing di Indonesia Riset tahun 1.Bogor: FEM IPB.

Muhardi. (2007). Strategi Operasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Russell, S., H. Millar. (2014). Competitive Priorities of Manufacturing Firms in the Caribbean.Journal of Business and Management (IOSR-JBM). Canada.

Zaelani, Iwan Rdwan. (2019). Peningkatan Daya Saing UMKM Indonesia: Tantangan dan Peluang Pengembangan IPTEK. Jurnal Transborder. Vol. 3 No. 1 (Desember 2019). P-ISSN: 2598-7399 &E-ISSN: 2598-9200.

Downloads

Published

2023-07-29

How to Cite

Basuki, T. I., & R.T, D. R. D. . (2023). KAJIAN ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5596–5600. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17118