SOSIALISASI PENGGUNAAN MULTIVITAMIN SEBAGAI SUPPORT SYSTEM IMMUNE DALAM UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 PADA TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUSTAFID TRENGGALEK

Authors

  • Fendy Prasetyawan Universitas Kadiri
  • Yuneka Saristiana Universitas Kadiri
  • Mujtahid Bin Abd Khadir Universitas Kadiri
  • Lisa Savitri Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16991

Keywords:

Multivitamin, Support System Imune, Pencegahan Covid-19

Abstract

COVID-19, sebuah jenis baru virus Corona, menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini menular melalui droplet saat berbicara, bersin, atau batuk, dan melalui kontak erat dengan orang yang terinfeksi. Gejalanya mirip flu, namun dapat menjadi berat dan berbahaya. Beberapa kasus tidak menunjukkan gejala. Terapi untuk pasien tanpa gejala dan penyakit komorbid melibatkan pengobatan rutin, suplemen multivitamin, dan pengobatan suportif. Apoteker berperan penting dalam mencegah penyebaran COVID-19 melalui edukasi dan sosialisasi, termasuk penggunaan suplemen multivitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi terdiri dari tiga tahap: pra-kegiatan sosialisasi, pelaksanaan kegiatan sosialisasi, dan pasca kegiatan sosialisasi. Tahap pra-kegiatan melibatkan audiensi dengan mitra sasar untuk mengidentifikasi masalah dan mempersiapkan materi. Tahap pelaksanaan melibatkan penyuluhan mengenai COVID-19, multivitamin, pencegahan penularan, dan jenis multivitamin yang efektif. Tahap pasca kegiatan melibatkan evaluasi kegiatan melalui penyebaran kuesioner untuk menilai keberhasilan sosialisasi sesuai dengan kebutuhan mitra. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mustafid Trenggalek, pengetahuan tentang COVID-19 dan penggunaan multivitamin telah meningkat setelah sosialisasi kepada 12 peserta, terutama tenaga pendidik. Sosialisasi tersebut berhasil meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh dalam menghadapi pandemi COVID-19. Penggunaan multivitamin juga terbukti efektif dalam menjaga kesehatan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh tenaga pendidik. Sosialisasi ini mendukung implementasi langkah-langkah pencegahan COVID-19 dan mempromosikan pola hidup sehat di kalangan tenaga pendidik. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang manfaat multivitamin, tenaga pendidik dapat menjadi contoh bagi siswa dan masyarakat dalam menjaga kesehatan dan menerapkan langkah-langkah pencegahan COVID-19. Sosialisasi ini memberikan manfaat yang penting dalam menjaga kesehatan dan keselamatan tenaga pendidik serta masyarakat sekolah dalam menghadapi pandemi.

References

Angela C. Mattke, M.D. (2022, Desember). Nutrition and Healthy Lifestyle : Should I give multivitamins to my preschooler?. Mayo Clinic. Diunduh dari:

Anhusadar, L. (2020). Persepsi mahasiswa PIAUD terhadap kuliah online di masa pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–58. 9

Burhan, E. et al. (2020) PEDOMAN TATALAKSANA COVID-19 Edisi 3 TIM EDITOR Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi.

Evans, M. (2020). COVID-19: what you need to know about coronavirus. Patient. Diunduh dari: https://patient.info/news-and-features/covid-19-what-you-need-to-know-about-coronavirus

Gorbalenya, A. E., Baker, S. C., Baric, R. S., de Groot R. J., Drosten, C., Gulyaeva, A. A., Haagmans, B. L., Lauber, C., Leontovich, A. M., Neuman, B. W., Penzar, D., Perlman, S., Poon, L. L. M., Samborskiy, D., Sidorov, I. A., Sola, I., & Ziebuhr, J. (2020). Severe acute respiratory syndrome-related coronavirus: The species and its viruses, a statement of the Coronavirus Study Group.

Huang, C., Wang, Y., Li, X., Ren, L., Zhao, J., ... & Jin, Q. (2020). Clinical features of patients infected with 2019 novel coronavirus in Wuhan, China. The Lancet, 395(10223), 497–506.

Hui, D. S., Azhar, E. I., Madani, T. A., Ntoumi, F., Kock, R., Dar, O., Ippolito, G., Mchugh, T. D., Memish, Z. A., Drosten, C., Zumla, A., & Petersen, E. (2020). The continuing 2019-nCoV epidemic threat of novel coronaviruses to global health: The latest novel coronavirus outbreak in Wuhan, China. International Journal of Infectious Diseases, 91, 264–266.

Razi, F., Yulianty, V., Amani, S. A., & Fauzia, J. H. (2020). Bunga Rampai COVID-19: Buku Kesehatan Mandiri untuk Sahabat. Depok: PD Prokami.

Singhal, T. (2020). A review of Coronavirus Disease-2019 (COVID-19). The Indian Journal of Pediatrics, 87(4), 281–286. https://doi.org/10.1007/s12098-020-03263-6

Zimmermann, P., & Curtis, N. (2020). Coronavirus infections in children including COVID-19: An overview of the epidemiology, clinical features, diagnosis, treatment and prevention options in children. The Pediatric Infectious Disease Journal, 39(5), 355-368.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Prasetyawan, F. ., Saristiana, Y. ., Khadir, M. B. A. ., & Savitri, L. . (2023). SOSIALISASI PENGGUNAAN MULTIVITAMIN SEBAGAI SUPPORT SYSTEM IMMUNE DALAM UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 PADA TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUSTAFID TRENGGALEK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5447–5453. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16991

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.