KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHASILKAN KARYA TULIS ILMIAH SEBAGAI PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN PARIANGAN TANAH DATAR

Authors

  • Riri Susanti STAI Al-Hikmah Pariangan Batusangkar
  • Hera Sagita Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Muhammadiyah Simabur

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16936

Keywords:

Karya Tulis Ilmiah, Kompetensi Profesional

Abstract

Penellitian ini berjuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam menghasilkan karya tulis ilmiah sebagai peningkatan kompetensi professional. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengguakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar yang ada di kecamatan Pariangan kabupaten Tanah Datar. Sumber data data penelitian meliputi informan, tempat dan dokumen.Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipan dan analisis dokumen. Teknik analisis data dengan menelaah seluruh data yang terkumpul, reduksi data, klasifikasi pokok pikiran, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih rendahnya kemampuan guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Kecamatan Pariangan, Tanah datar dalam membuat dan menghasilkan karya tulis Ilmiah.Kesulian yang dihadapi oleh guru adalah rendahnya motivasi yang berasal dari dalam diri (internal) dan dari luar diri guru (eksternal). Dari penelitian ini didimpulkan bahwa guru harus lebih meningkatkan motivasi dalam menghasilkankarya tulis ilmiah.

References

Darmadi, H. Tugas, Peran, Kompetensi dan Tanggung Jawab Menjadi GuruProfesional. Edukasi Jurnal Pendidikan,12 (2). 2016.

Daryanto, Standar Kompetensi dan Penilaian Knerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gaca Media. 2013

Dwiloka, Bambang. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Rineka Cipta, 2005.

Komariah, Kokom. Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru. Staffnew.uny.id.2005

Marjohan, School Healing: Menyembuhkan Problem Sekolah.Yogyakarta:Pustaka Insan Madani. 2009.

Maryadi, Pengertian dan Kriteria Karya Ilmiah. Dalam Harun, dkk, Pembudayaan Peunulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Suniversitas Muhammadiya Surakarta. 2001.

Molleong, Lexi J. MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung: Rosdakarya. 2006.

Noorjannah, Lilies. Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity Vol 10 Nomor 1. 2015.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang StandarNasional Pendidikan. Jakarta. 2005.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. 2011.

Pratomo, Agus Andi Widodo, Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Nizamia Learning Center: Sidoarjo. 2018.

Rintaningrum, Ratna. Mengapa Guru Tidak Menulis Karya Ilmiah. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pendidikan dalam Perspektif Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). 2015.

Suparno, Bahasa Indonesia Untuk Penulisan Karya Ilmiah, Buku Pegangan Kuliah yang disampaikan dalam Kegiatan Pelatihan Penulisan Bahan Kuliah, Jurusan AP FIB UNY, 2005.

Suprayitno, Adi, Pedoman dan Penyusunan Pengembangan Diri Bagi Guru, Yogyakarta:CV Budi Utama, 2019.

Wasmana, Penulisan Karya Ilmiah, Cimahi: IKIP Siliwangi

Wulandari, Sovia, dkk. Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah untuk Jurnal Bereputasi Nasional pada Guru SMP, Jurnal PKM Linggau Vol.2. No.3 2022.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Susanti, R. ., & Sagita, H. . (2023). KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHASILKAN KARYA TULIS ILMIAH SEBAGAI PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN PARIANGAN TANAH DATAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5421–5427. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16936

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.