PROFIL ARTIKEL GURU SMP MUHAMMADIYAH 10 TUREN DALAM PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17574Keywords:
Artikel Ilmiah, Guru SMP Muhammadiyah 10 Turen, Pelatihan Dan PendampinganAbstract
Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kompetensi profesional. Kompetensi profesional meliputi (1) kompetensi dalam menyelenggarakan pembelajaran dan (2) kompetensi dalam menulis artikel ilmiah, baik dari hasil kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan laporan kegiatan Lesson Study (LS). Namun realitanya masih banyak guru yang masih mengalami kesulitan dalam menulis, utamanya dalam menulis karya ilmiah. Salah satunya dialami oleh guru Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 10 Turan di Kabupaten Malang. Sebagian besar guru di SMP Muhammadiyah 10 Turen masih belum mampu melakukan penulisan artikel ilmiah. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan yang meliputi enam kegiatan, (1) berbagi permasalahan dengan Pimpinan Sekolah/Kepala Sekolah dan guru, (2) ekspositori konsep dari permasalahan, (3) pelatihan penulisan artikel ilmiah, (4) pendampingan proses penulisan artikel ilmiah, (5) evaluasi kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah, dan (6) kegiatan publikasi artikel ilmiah di jurnal SAINTIFIK milik Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang. Hasil kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah adalah sebanyak 15 artikel ilmiah. Dari 15 artikel ilmiah, 4 artikel ilmiah telah menggambarkan artikel ilmiah hasil penelitian, sedangkan 11 artikel ilmiah lainnya masih belum menggambarkan artikel ilmiah hasil penelitian, namun lebih mirip dengan artikel hasil pemikiran. Berdasarkan penilaian Tim pengabdian, kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 10 Turen telah memberikan manfaat. Hal ini didasarkan pada respon yang disampaikan oleh 15 orang guru yang menjadi peserta kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah.References
Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan menulisan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar dan taman kanak-kanak kecamatan Tajinan kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 22–26.
Arta, K. S. (2019). Pelatihan penulisan artikel untuk publikasi di jurnal ilmiah untuk meningkatkan profesionalisme bagi guru-guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. In Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial (Vol. 2, pp. 146–159).
Chairunnisa, C. (2016). Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah di Sekolah Menengah Kejuruan. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 105–114. Retrived from https://doi.org/https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/777
Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kualitas pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 76–82.
Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru SD. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 70–81. https://doi.org/https://doi.org/10.30653/002.201611.10
Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44–63. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4
Jana, P., & Pamungkas, B. (2018). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD Negeri Guwosari. Abdimas Dewantara, 1(1), 39–46. Retrived from
Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk peningkatan profesionalisme guru. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47–53. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3128
Mansyur, U., & Akidah, I. (2018). Peningkatan kompetensi profesional guru Mts DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep melalui pelatihan penulisan karya tulis ilmiah. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 273–278. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.2589
Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F. D., & Parjono, P. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi Guru SMA Swasta di Sidoarjo. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 45–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/ja.v2n2.p45-50
Martati, B., & Setyorini, A. (2019). Pelatihan Penulisan Cerita Pendek Berbasis Multikulturalisme untuk Guru-Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah di Surabaya. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), 3(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.320
Rahmatullah, R., & Inanna, I. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(1), 19–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31850/jdm.v3i1.448
Susantini, E., Rahayu, Y. S., Budiono, D., & Raharjo, R. (2016). Profil Artikel Ilmiah Buatan Guru pada Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru-Guru di SMP Lab School Surabaya. Jurnal Abdi: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arif Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.