PELATIHAN PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH BERBASIS PENELITIAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15890Keywords:
Pelatihan, Karya Tulis Ilmiah, Penelitian, Kapasitas, Kompetensi.Abstract
Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Berbasis Penelitian merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom pada tanggal 23 Februari 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi peserta dalam menyusun karya tulis ilmiah berbasis penelitian. Abstrak ini memberikan gambaran singkat mengenai masalah pengabdian yang dilakukan, yaitu rendahnya kemampuan peserta dalam menyusun karya tulis ilmiah berbasis penelitian. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan online yang melibatkan 32 peserta dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, guru, dan dosen. Peserta diberikan pemahaman tentang metodologi penelitian, teknik pengumpulan dan analisis data, serta struktur dan gaya penulisan yang benar. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kapasitas dan kompetensi peserta dalam menyusun karya tulis ilmiah berbasis penelitian. Peserta mampu memahami konsep-konsep yang kompleks, menghasilkan karya tulis ilmiah yang berkualitas, dan melakukan kolaborasi yang baik dengan peserta lain. Kegiatan ini memberikan dampak positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat secara keseluruhan. Dalam kesimpulan, Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Berbasis Penelitian berhasil meningkatkan kapasitas dan kompetensi peserta dalam menyusun karya tulis ilmiah. Keberhasilan ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat.References
Fatkhuri, F., & Nurdin, N. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bebas Plagiarisme Untuk Mahasiswa Fakultas Hukum Upn Veteran Jakarta. Swarna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 375–383.
Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.
Karomah, B., & Rukmana, R. M. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Mahasiswa Dalam Menyusun Artikel Ilmiah Dan Publikasi Di Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta. Journal Of Social Outreach, 1(2), 1–9.
Khoirunnisa, F., Sabekti, A. W., & Yulita, I. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis Ilmiah Berbantuan Manajemen Referensi Mendeley Bagi Guru-Guru Sma/Sederajat Di Kabupaten Bintan. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8–13.
Rahman, N., Ariani, & Rakhman, A. (2022). Penyuluhan Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini Kepada Guru Paud Dan Orang Tua Siswa Paud Di Kelurahan Lambara Kota Palu. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 1(2), 95–100. Https://Doi.Org/10.56303/Jppmi.V1i2.49
Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239. Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V4i2.13044
Wardani, N. W., & Ginantra, N. L. W. S. R. (2020). Pelatihan Aplikasi Mendeley Untuk Referensi Dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Smk Dwijendra Denpasar. Jurpikat (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 13–20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gusti Rusmayadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.