IMPLEMENTASI PROGRAM SCHOOL ACTIVITY MBKM BINA DESA DI DESA SUNGAI KUPAH

Authors

  • Fadhira Utami Universitas Tanjungpura
  • Mutia Sartika Universitas Tanjungpura
  • Agung Wahyudi Universitas Tanjungpura
  • Darlingga Parassati Universitas Tanjungpura
  • GB. Sasya Febrianty Universitas Tanjungpura
  • Melanie Mardani Universitas Tanjungpura
  • Iqbal Prathama Universitas Tanjungpura
  • Imran Imran Universitas Tanjungpura
  • Iwan Ramadhan Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.16315

Keywords:

Implementasi, Program School Activity, MBKM Bina Desa

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk memberdayakan masyarakat dan menciptakan pengabdian terhadap lingkungan Desa di Desa Sungai Kupah melibatkan beberapa program kerja, salah satunya program School Activity. Program School Activity di SD 32, SD 17 dan SMPN 17 Sungai Kakap terdiri dar kegiatan mengajar, membuat papan edukasi 5s (salam, senyum, sapa, sopan, santun), membuat Plang Kelas, membuat taman minin membuat sudut baca dan membuat Papan Pengumuman. Metode pelaksanaan dilakukan secara bertahap, diantaranya survei lokasi Desa dan sekolah mitra, persiapan meliputi koordinasi dan konfirmasi pihak terkait dan pelaksanaan pengabdian pada program School Activity di tiga sekolah yang dipertimbangkan dipilih karena kondisi bangunan sekolah yang meliputi masih kurangnya fasilitas penunjang dan lelak sekolah cukup jauh dari perkotaan atau keramaian dari sekolah lain. Sehingga penelitian ini menggunakan metode penelitian survei lapangan dan observasi. Hasil program School Activity pada kegiatan pengabdian ini atau MBKM Bina Desa yaitu kelengkapan sekolah dari hasil proyek mahasiswa berupa papan edukasi 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun), papan pengumuman, plang kelas, taman mini, dan pojok baca serta motivasi dan dukungan selama pengajaran diberikan mahasiswa selama pelajaran kosong atau guru sedang tidak mengajar. menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman, harmonis dan mendukung perkembangan siswa serta merangsang minat baca dan pengembangan kepribadian yang baik. Manfaat bagi mahasiswa yang terlibat antara lain mengasah keterampilan kepemimpinan, pengalaman mengajar, kemampuan komunikasi, memperluas wawasan, dan mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan selama kuliah.

Author Biography

Melanie Mardani, Universitas Tanjungpura

Pendidikan Sosiologi

References

Ariandi, Y. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan aktivitas belajar pada model pembelajaran PBL. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 579–585.

Azis, A. (2018). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(1), 57–64.

Debataraja, N., Pratama, A. N., Ayuni, A. P., Amalia, D. R., Mauditia, L., Arsanti, R., Arti, R. H., Sary, R. A., Umairah, T., & Salsabila, Y. H. (2023). Analisis Indeks Massa Tubuh Anak Balita Pada Kegiatan Bina Desa di Desa Teluk Kapuas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.2), 1790–1796.

Farida, S. (2016). Pendidikan karakter dalam prespektif islam. KABILAH: Journal of Social Community, 1(1), 198–207.

Ismawati, Y., Rahmah, A., Fathi, M. N., Jamaliyah, R., Rahmadani, A. L., & Arfinanti, N. (2020). Budaya organisasi sekolah dalam mempersiapkan sumber daya manusia unggul. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 118–122.

Prasetya, H. (2021). Penerapan Metode Kepemimpinan Transformasional untuk Mewujudkan Sekolah Sehat. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 17–26.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.

Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali’in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107.

Ramadhan, I., & Warneri, W. (2023). Migrasi Kurikulum: Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka pada SMA Swasta Kapuas Pontianak. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2), 741–750.

Ramadhan, I., Firmansyah, H., & Wiyono, H. (2022). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(4), 6042–6056.

Ramadhan, I., Manisah, A., Angraini, D. A., Maulida, D., Sana, S., & Hafiza, N. (2022). Proses Perubahan Pembelajaran Siswa dari Daring ke Luring pada Saat Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1783-1792.

Ramadhan, Iwan., Jaya T N., Firmansyah, E, Alkahfy, R., R. (2021). Perubahan Proses Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 2 Pontianak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 86–93. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.5746197

Ramadhan, I., Prancisca, S., & Imran, I. (2022). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 10 Pontianak. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 76–88. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2421

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1).

Saputra, M. E., Salim, I., & Supriadi, S. (2019). ANALISIS PENANAMAN NILAI-NILAI SOSIAL OLEH ORANGTUA PADA ANAK USIASEKOLAH DI DESAPENITI BESAR. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(9).

Setyabudi, I., Nuraini, N., Alfian, R., & Nailufar, B. (2017). Konsep Taman Edukasi pada Sekolah Dasar di Kota Malang (Studi Kasus: SDN Lowokwaru 3 Malang). RUAS, 15(1), 23–34.

Tahir, M., & Khair, B. N. (2023). Analisis Gaya Mengajar Guru Kaitan Dengan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 202–209.

Wardani, D. N. K. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–73.

Warneri, W., & Ramadhan, I. (2022). Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Cara Mengajar Dosen Prodi Pendidikan Ekonomi dan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 1417–1429.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Utami, F., Sartika, M., Wahyudi, A., Parassati, D. ., Febrianty, G. S. ., Mardani, M. ., … Ramadhan, I. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM SCHOOL ACTIVITY MBKM BINA DESA DI DESA SUNGAI KUPAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5918–5931. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.16315

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.