PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA BPJS KESEHATAN KANTOR CABANG SOREANG)

Authors

  • Nina Agustina Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Vicky Dzaky Cahaya Putra Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16031

Keywords:

Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Sistem Informasi

Abstract

Penelitian ini tujuannya agar diketahui pengaruhnya kualitas sistem informasi dan kualitas pelayanan pada kepuasan pelanggan BPJS. Pada penelitian ini populasinya yakni pelanggan pada BPJS Kesehatan Kantor Cabang Soreang yang memakai sistem informasi akuntansi, yang sampelnya berjumlah 100 responden. Teknik yang diterapkan untuk mengambil sampelnya yakni teknik accidental sampling  yang memakai kuesioner menjadi teknik mengumpulkan datanya. Teknik analisis yang dipakai yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian memperlihatkan kualitas sistem informasi dan kualitas pelayanan secara simultan pengaruhnya positif signifikan pada kepuasan pelanggan BPJS. Secara parsial kualitas sistem informasi pengaruhnya positif signifikan  pada kepuasan pelanggan BPJS. Begitu juga dengan kualitas pelayanan yang pengaruhnya positif signifikan.

References

Amarin,s., & Wijaksana, T. (2021). No Title. Jurnal Analis Manajemen BISNIS (BMAJ), 4 (1), 37–52.

Aziz. Abdullah. dan Monika Tiarawati. (2021). Pengaruh Reputasi Penjual, Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Second Hand ( Studi Pada Pengguna Aplikasi OLX. Jurnal Riset Manajement Machine Studies, Vol.12 No1, e-ISSN 2301-8313.

Marimin, Tanjung H, P. H. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Sumber Daya Manusia. In Sistem Informasi Manajemen. Sumber Daya Manusia. Grasindo.

Robyardi, E., Sinarti, T., Mulyani, A., & Ananda, D. A. D. (2022). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Grab Di Kota Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 19 (2), 219–235.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Agustina, N. ., & Putra, V. D. C. . (2023). PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA BPJS KESEHATAN KANTOR CABANG SOREANG). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4578–4584. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16031

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.