PENGARAHAN METODE PELAKSANAAN PEMBANGUNAN PONDASI TPA MIFTAHUL QULUB DI GAMPONG MEUREUBO

Authors

  • Bambang Tripoli Universitas Teuku Umar
  • Edi Mawardi Universitas Teuku Umar
  • Murhaban Murhaban Universitas Teuku Umar
  • TM. Azis Pandria Universitas Teuku Umar
  • Rinaldy Rinaldy Universitas Teuku Umar
  • Teuku Farizal Universitas Teuku Umar
  • Azhar Azhar Universitas Teuku Umar
  • Joli Supardi Universitas Teuku Umar
  • Aulia Rahman Universitas Teuku Umar
  • Dian Febrianti Universitas Teuku Umar
  • Zakia Zakia Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15943

Keywords:

TPA Miftahul Qulub, Pekerjaan Pondasi, Metode Pelaksanaan

Abstract

Taman Pendidikan Al-qur’an (TPA) Miftahul Qulub merupakan wadah yang sangat berguna untuk masyarakat Gampong Meureubo. Kegiatan dilakukan setiap sore untuk usia anak-anak, sedangkan dewasa setiap malam Jum’at belajar Al-qur’an dan kitab-kitab. Berdasarkan ulasan di atas, penulis diminta pimpinan TPA untuk memberikan pengarahan metode pelaksanaan pekerjaan pondasi TPA, dalam kesempatan ini penulis memanfaatkannya sebagai suatu pengabdian masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi Dosen. Permasalahan yang menjadi tujuan ingin dicapai secara umum adalah pembangunan pondasi untuk kegiatan belajar mengajar untuk menunjang program kegiatan TPA. Manfaat kegiatan diantaranya memberikan wadah pendidikan berbasis islam, khususnya pendidikan Al-qur’an bagi warga setempat dengan menanamkan nilai budi pekerti baik dan meneladani Rasulullah. Hasilnya, metode penyampaian sederhana karena keterbatasan tidak adanya media (proyektor), hasil print out power point dibagikan kepada peserta, gambaran dilakukan dengan spidol di kertas plano tempel di dinding. Pekerja merupakan orang tua dari santri dilakukan secara gotong royong, pemahaman penyampaian mudah ditanggapi dan dipahami sehingga sosialisasi pendampingan berjalan sukses sebagaimana mestinya.

References

Arifin, Muzayyin., 2003, Filsafat Pendidikan Islam, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Dahlan, M.D.,1992, Pendidikan Anak Menurut Islam Kaidah-Kaidah Dasar, Penerbit Remaja Rosda Karya, Bandung.

Deddy, 2016, Pengertian dan Tujuan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Menurut Ahli, (http://wowtelotenan.blogspot.com/2016/08/pengertian-dan-tujuan-taman-pendidikan.html), Diakses 19 Maret 2019.

Gazali, M., 2008, Dasar – Dasar Pendidikan, STAIN Sultan Qaimuddin, Kendari.

Giri, Gadung., 2018, Pengertian TPQ Taman Pendidikan Al-qur’an, Karya Tulis, pontren.com/2018/09/25/pengertian-tpq-taman-pendidikan-al-quran, Diakses 19 Maret 2019, Pondok Pesantren Banyusuci Desa Leuwimekar Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Hardiyatmo, Hary Christady., 2011, Analisis dan Perancangan Fondasi I, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Human, As’ad., dan Budiyanto, 1995, Pedoman Pengelolaan Pembinaan dan Pengembangan TPA-TPA Nasional, LPTQ Nasional, Yogyakarta.

Ilmu Konstruksi, 2016, (http://ilmukonstruksitekniksipil.blogspot.com/2016/01/macam-macam-pondasi.html).

Kunaryo, Hadaikusumo., 1996, Pengantar Pendidikan, IKIP Semarang Press, Semarang

Purwanto, M. Ngalim., 1993, Psikologi Pendidikan, Balai Pustaka, Jakarta.

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Tripoli, B. ., Mawardi, E. ., Murhaban, M., Pandria, T. A. ., Rinaldy, R., Farizal, T., … Zakia, Z. (2023). PENGARAHAN METODE PELAKSANAAN PEMBANGUNAN PONDASI TPA MIFTAHUL QULUB DI GAMPONG MEUREUBO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4374–4381. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15943

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.