PELATIHAN MEMBACA AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI TPA DARUN NADWAH DEMANGAN PONOROGO

Authors

  • Aqdi Rofiq Asnawi Universitas Darussalam Gontor
  • Niken Sylvia Puspitasari Universitas Darussalam Gontor
  • Abdillah Khayyi Muchyiddin Universitas Darussalam Gontor
  • Achmad Fauzan Kamil Universitas Darussalam Gontor
  • Aditya Rizki Pradana Universitas Darussalam Gontor
  • Adnin Darma Surya Universitas Darussalam Gontor
  • Ahmad Qolbie Zidan Johnderose Universitas Darussalam Gontor
  • Aisy Taufiqurrahman Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12098

Keywords:

Metode; Al-Qur'an, UMMI, Pelatihan.

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode UMMI di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Darun Nadwah. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan mempermudah mitra dalam mempelajari Al- Qur’an dengan menggunakan metode UMMI. Permasalahan yang dialami oleh mitra ialah belum terwujud metode tertentu yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an. Untuk mengatasi permasalahan mitra tersebut tim pengabdi akan melaksanakan pembelajaran dan pelatihan mengenai metode pembelajaran Al-Qur’an di TPA Darun Nadwah. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini meliputi persiapan, pelaksanaan, serta        monitoring dan evaluasi. Dengan diadakannya pembelajaran dan pelatihan mengenai metode pembelajaran Al-Qur’an dengan metode UMMI diharapkan dapat dijadikan sebagai metode yang tetap dalam mengajarkan Al-Qur’an kepada seluruh pelajar di TPA Darun Nadwah. Selain itu mereka dapat meningkatkan kualitas dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Hasil pengabdian masyarakat ini dapat dilihat dari meningkatnya kualitas pelajar TPA Darun Nadwah dalam membaca Al-Qur’an.

References

Afidah, R., & Sholihah, N. I. (2020). Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di RA Al-Khusyu’ Tugurejo Wates-Blitar. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.363

Azhari, N. (2019). Pengaruh Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Santri di TPQ Al-Hikmah Bandar Lampung (Skripsi, UIN Raden Intan Lampung). UIN Raden Intan Lampung, Lampung. Diambil dari http://repository.radenintan.ac.id/7403/

Fauzi, H. N., & Waharjani, W. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Ummi Bagi Siswa SDIT Salsabilla Sleman. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(2), 131–145. https://doi.org/10.21093/sy.v7i2.1831

Hasunah, U., & Jannah, A. R. (2017). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 160–175.

Hernawan, D., & Muthoifin, M. (2019). Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(1), 27–35. https://doi.org/10.23917/profetika.v19i1.7751

Liansyah, A. F., & Achadianingsih, N. (2020). Penggunaan Metode Ummi Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Ibu Rumah Tangga. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 181–187. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.3336

Sukron, O. (2020). Studi Komparatif Pelaksanaan Bimbingan Baca Tulis Al Qur’an Melalui Metode Ummi dan Metode Iqro di Sekolah Menengah Kejuruan Cendikia Utama. Eduprof?: Islamic Education Journal, 2(2), 202–225. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.27

Tarmizi, A. (2022). Manajemen Mutu Pendidikan Al-Qur’an Metode Ummi di SDIT Nur Hikmah Bekasi. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(03), 440–466. https://doi.org/10.36671/andragogi.v4i03.330

Wahid, A., Prasetiya, B., & Halili, H. R. (2021). Peran Guru Madrasah Diniyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Melalui Metode Ummi di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ihsandesa. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 6(2), 41–46. https://doi.org/10.47435/jpdk.v6i2.693

Wahyuni, S. N., & Aisyah, N. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di SMP. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 141–148. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i2.876

Wijayanti, L. K. (2016). Penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an pada orang dewasa untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Lembaga Majlis Qur’an (MQ) Madiun (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Diambil dari http://etheses.uin-malang.ac.id/3753/

Downloads

Published

2023-02-08

How to Cite

Asnawi, A. R. ., Puspitasari, N. S. ., Muchyiddin, A. K. ., Kamil, A. F. ., Pradana, A. R. ., Surya, A. D. ., Johnderose, A. Q. Z., & Taufiqurrahman, A. . (2023). PELATIHAN MEMBACA AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI TPA DARUN NADWAH DEMANGAN PONOROGO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 207–212. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12098