PELATIHAN MEMBACA AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI TPA DARUN NADWAH DEMANGAN PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12098Keywords:
Metode; Al-Qur'an, UMMI, Pelatihan.Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode UMMI di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Darun Nadwah. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan mempermudah mitra dalam mempelajari Al- Qur’an dengan menggunakan metode UMMI. Permasalahan yang dialami oleh mitra ialah belum terwujud metode tertentu yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an. Untuk mengatasi permasalahan mitra tersebut tim pengabdi akan melaksanakan pembelajaran dan pelatihan mengenai metode pembelajaran Al-Qur’an di TPA Darun Nadwah. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini meliputi persiapan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi. Dengan diadakannya pembelajaran dan pelatihan mengenai metode pembelajaran Al-Qur’an dengan metode UMMI diharapkan dapat dijadikan sebagai metode yang tetap dalam mengajarkan Al-Qur’an kepada seluruh pelajar di TPA Darun Nadwah. Selain itu mereka dapat meningkatkan kualitas dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Hasil pengabdian masyarakat ini dapat dilihat dari meningkatnya kualitas pelajar TPA Darun Nadwah dalam membaca Al-Qur’an.References
Afidah, R., & Sholihah, N. I. (2020). Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di RA Al-Khusyu’ Tugurejo Wates-Blitar. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.363
Azhari, N. (2019). Pengaruh Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Santri di TPQ Al-Hikmah Bandar Lampung (Skripsi, UIN Raden Intan Lampung). UIN Raden Intan Lampung, Lampung. Diambil dari http://repository.radenintan.ac.id/7403/
Fauzi, H. N., & Waharjani, W. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Ummi Bagi Siswa SDIT Salsabilla Sleman. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(2), 131–145. https://doi.org/10.21093/sy.v7i2.1831
Hasunah, U., & Jannah, A. R. (2017). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 160–175.
Hernawan, D., & Muthoifin, M. (2019). Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(1), 27–35. https://doi.org/10.23917/profetika.v19i1.7751
Liansyah, A. F., & Achadianingsih, N. (2020). Penggunaan Metode Ummi Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Ibu Rumah Tangga. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 181–187. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.3336
Sukron, O. (2020). Studi Komparatif Pelaksanaan Bimbingan Baca Tulis Al Qur’an Melalui Metode Ummi dan Metode Iqro di Sekolah Menengah Kejuruan Cendikia Utama. Eduprof?: Islamic Education Journal, 2(2), 202–225. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.27
Tarmizi, A. (2022). Manajemen Mutu Pendidikan Al-Qur’an Metode Ummi di SDIT Nur Hikmah Bekasi. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(03), 440–466. https://doi.org/10.36671/andragogi.v4i03.330
Wahid, A., Prasetiya, B., & Halili, H. R. (2021). Peran Guru Madrasah Diniyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Melalui Metode Ummi di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ihsandesa. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 6(2), 41–46. https://doi.org/10.47435/jpdk.v6i2.693
Wahyuni, S. N., & Aisyah, N. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di SMP. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 141–148. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i2.876
Wijayanti, L. K. (2016). Penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an pada orang dewasa untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Lembaga Majlis Qur’an (MQ) Madiun (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Diambil dari http://etheses.uin-malang.ac.id/3753/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aqdi Rofiq Asnawi, Niken Sylvia Puspitasari, Abdillah Khayyi Muchyiddin, Achmad Fauzan Kamil, Aditya Rizki Pradana, Adnin Darma Surya, Ahmad Qolbie Zidan Johnderose, Aisy Taufiqurrahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.