PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI EFEKTIF BAGI TENAGA KESEHATAN DI RSIA CEMPAKA AZ – ZAHRA BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15889Keywords:
Komunikai Efektif, Tenaga Kesehatan, Keselamatan PasienAbstract
Komunikasi yang efektif adalah sebuah komunikasi yang apabila pesan diterima dan dimengerti sebagaimana dimaksud oleh pengirim pesan, pesan ditindaklanjuti dengan sebuah perbuatan oleh penerima pesan dan tidak ada hambatan untuk hal tersebut. Kolaborasi dibidang kesehatan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mempererat hubungan antar profesi kesehatan yang berbeda. Kolaborasi tim medis meliputi berbagai profesi kesehatan yaitu dokter, perawat, psikiater, ahli gizi, apoteker, dan lain - lain. Tenaga kesehatan di RSIA Cempaka Az – Zahra belum berkomunikasi dengan efektif. Hal ini terlihat dari terdapatnya kesalahan dalam penulisan instruksi, kesalahan pelaksanaan instruksi dan terdapat hal penting tentang kondisi pasien yang tidak tersampaikan dengan baik kepada dokter penanggungjawab. Hal ini berpotensi terjadinya insiden keselamatan pada pasien sehingga berisiko terhadap keberlangsungan rumah sakit. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan tenaga kesehatan di RSIA Cempaka Az-Zahra Banda Aceh dalam berkomunikasi efektif. Berdasarkan pelatihan yang telah dilaksanakan, terdapat 56,2% tenaga kesehatan yang tidak memahami tentang komunikasi efektif. Hasil dari pelatihan ini terdapat 84,4 % peningkatan pemahaman tentang komunikasi efektif oleh tenaga kesehatan di RSIA Cempaka Az-Zahra Banda Aceh. Pelatihan ini harus dilakukan secara berkelanjutan untuk dapat memberikan pelayanan berbasis keselamatan pasien di Rumah Sakit.References
Ansyori.Anis. 2021 Komunikasi Efektif Bagi Petugas PMIK. Malang
Arumsari. Dinda. Piranti, 2016, Hambatan Komunikasi Efektif Perawat dengan Keluarga Pasien dalam Perspektif Perawat, dikutip dari , pada tanggal 16 Juni 2023
Harahap. Reni Agustina. 2019, Buku Ajar Komunikasi Kesehatan. Jakarta.
Ismail. Ismalandari, 2022, Seminar Komunikasi Efektif dalam Meningkatkan Interaksi Sehat di Rumah Sakit Daerah DADI, dikutip dari, pada tanggal 16 Juni 2023
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2022, Standar Akreditasi Rumah Sakit, Jakarta
Konsil Kedokteran Indonesia, 2006, Komunikasi Efektif Dokter – Pasien, Jakarta
Muhith. Abdul, 2021, Aplikasi Komunikai Terapeutik Nursing Health. Jakarta.
Uripni. Christina Lia, 2003, Komunikasi Kebidanan. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Putri Ilham Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










