PENGEMBANGAN KEMASAN DAN MEDIA PROMOSI UKM DI DESA SEBONG PEREH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND LOYALTY
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15799Keywords:
Implementasi, UKM, Pemberdayaan, Kreatifitas, Pola PikirAbstract
Pemberdayaan UKM merupakan langkah yang startegis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar perekonomian masyarakat, melalui pengembangan usaha melalui logo dan kemasan salah satu bentukusaha kepada usaha itu sendiri dapat berkembang menjadi lebih baik agar mencapai tujuan dan kesuksesan yang diinginkan pelaku UKM. Kreatifitas pengembangan usaha sangat dibutuhkan untuk saat ini dengan bantuan sosial media yang sangat diharapkan produk barang atau jasa yang diusakan dapat berkembang secara pesat. Oleh karena itu, untuk saat ini sangat diperlukan pengetahuan mengenai pengembangan usaha melalui ilmu pemasaran yang baik demi kelangsungan usaha pelaku UKM. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan kreatifitas serta pengembangan pola pikir pemasaran , baik dalam bentuk logo maupun kemasan dengan pemasaran melalui sosial media pelaku UKM di Desa Sebong Pereh. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan menggunakan data primer yang berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dan data sekunder yang berupa kepustakaan dan internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi mahasiswa dalam mensosialisasikan serta mengembangkan logo dan kemasan serta pemasaran usaha dengan memasang banner usaha dan promosi di media sosial.References
Kriyantono, R. (2014). Teori Publik Relations Perspektik Barat dan Lokal.
Morioka, A. (2009). Logo Desain Workbook. Massachusetts?: Rockport Publisher.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial?: perspektif komunikasi, budaya, dan sositeknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Sutanto, Y. (2020). Pengaruh Kemasan, Harga Dan Kesadaran Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Produk Sepatu Vans. Diss. Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2018, 2013–2015.
Umam. (2014). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Wirapraja, A., & Aribowo, H. (2018). Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Inovasi Dalam Menjaga Sustainability Bisnis. Teknika, 7(1), 66–72. https://doi.org/10.34148/teknika.v7i1.86
Yani, A. S., Fauziah, F., Putra, R. J., & Mila, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Desa Cileuksa Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui UMKM. Jurnal Komunitas?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.31334/jks.v3i1.962
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Raja Hardiansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










