PENGEMBANGAN KEMASAN DAN MEDIA PROMOSI UKM DI DESA SEBONG PEREH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND LOYALTY

Authors

  • Raja Hardiansyah STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Armansyah Armansyah STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Wiwin Vartina STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Novia Larasaty STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Natasya Natasya STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Sarimah Sarimah STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Haiqal Imansyah STIE Pembangunan Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15799

Keywords:

Implementasi, UKM, Pemberdayaan, Kreatifitas, Pola Pikir

Abstract

Pemberdayaan UKM merupakan langkah yang startegis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar perekonomian masyarakat, melalui pengembangan usaha melalui logo dan kemasan salah satu bentukusaha kepada usaha itu sendiri dapat berkembang menjadi lebih baik agar mencapai tujuan dan kesuksesan yang diinginkan pelaku UKM. Kreatifitas pengembangan usaha sangat dibutuhkan untuk saat ini dengan bantuan sosial media yang sangat diharapkan produk barang atau jasa yang diusakan dapat berkembang secara pesat. Oleh karena itu, untuk saat ini sangat diperlukan pengetahuan mengenai pengembangan usaha melalui ilmu pemasaran yang baik demi kelangsungan usaha pelaku UKM. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan kreatifitas serta pengembangan pola pikir pemasaran , baik dalam bentuk logo maupun kemasan dengan pemasaran melalui sosial media pelaku UKM di Desa Sebong Pereh. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan menggunakan data primer yang berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dan data sekunder yang berupa kepustakaan dan internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi mahasiswa dalam mensosialisasikan serta mengembangkan logo dan kemasan serta pemasaran usaha dengan memasang banner usaha dan promosi di media sosial.

References

Kriyantono, R. (2014). Teori Publik Relations Perspektik Barat dan Lokal.

Morioka, A. (2009). Logo Desain Workbook. Massachusetts?: Rockport Publisher.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial?: perspektif komunikasi, budaya, dan sositeknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Sutanto, Y. (2020). Pengaruh Kemasan, Harga Dan Kesadaran Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Produk Sepatu Vans. Diss. Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2018, 2013–2015.

Umam. (2014). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Wirapraja, A., & Aribowo, H. (2018). Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Inovasi Dalam Menjaga Sustainability Bisnis. Teknika, 7(1), 66–72. https://doi.org/10.34148/teknika.v7i1.86

Yani, A. S., Fauziah, F., Putra, R. J., & Mila, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Desa Cileuksa Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui UMKM. Jurnal Komunitas?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.31334/jks.v3i1.962

Downloads

Published

2023-06-19 — Updated on 2023-06-19

How to Cite

Hardiansyah, R. ., Armansyah, A., Vartina, W. ., Larasaty, N. ., Natasya, N., Sarimah, S., & Imansyah, H. . (2023). PENGEMBANGAN KEMASAN DAN MEDIA PROMOSI UKM DI DESA SEBONG PEREH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND LOYALTY. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4174–4178. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15799

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.