IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA TERHADAP KURSUS MAHIR DASAR PADA MHASISWA

Authors

  • Safrudin Safrudin STKIP Rokania
  • Ramses Hutagaol STKIP Rokania
  • Debby Indah STKIP Rokania
  • Rejeki Rejeki STKIP Rokania

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15694

Keywords:

Nilai Pancasila dan KMD, Mahasiswa

Abstract

Pengabdian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program Penerapan Nilai-nilai Pancasila terhadap Kursus Pembina Maher Dasar Pada Mahasiswa. Pancasila merupakan landasan hidup berbangsa dan bernegara bagi masyarakat Indonesia terkhususnya mahasiswa, nilai-nilai yang terkandung pada setiap sila Pancasila sangat berhubungan erat dengan kondisi sosial masyarakat Indonesia yang majemuk dan heterogen. khususnya para generasi muda. Secara tidak langsung globalisasi memberikan kesempatan besar bagi kebudayaan asing untuk masuk ke Indonesia, hal ini diperkuat dengan semakin rendahnya rasa bangga dari generasi muda menjadi bagian dari Bangsa Indonesia.Nilai-nilai Pancasila Sunardi (2016: 13-15) menyatakan bahwa Dasadharma pramuka dapat menjabarkan menjadi banyak sikap-sikap dalam hidup dan berpola tingkah laku yang sesuai, Ketuhanan yang Maha Esa Bersinambungan dengan poin Dasadarma ke 1 dan 10, Kemanusiaan yang adil dan beradab Masuk ke Dasadarma ke 2, 3, dan 5, Persatuan indonesia Poin Dasadarma ke 6 dan 7, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan Sesuai dengan poin 4 dan 9, tingginya sikap demokrasi serta musyawarah oleh anggota Pramuka, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia Masuk ke poin Dasadarma ke 8. Disiplin berani dan setia akan keadilan sosial.Satya Darma Pramuka dan Tri Satya yang dijadikan pedoman bagi anggota Pramuka sebenarnya dapat diselaraskan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, keduanya dapat bersinergi dengan baik di dalam menggembleng mahasiswa agar tangguh ditengah pergaulan dan perkembangan masyarakat yang semakin kompleks.

References

Ambri, S., Damanik, S., Suharta, A., & Irfan, M. (2017). Pengaruh Pendidikan Kepramukaan Terhadap Kedisiplinan Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FIK UNIMED. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 16(2), 68-74.

Agus Wibowo, 2013. Implementasi Nilai Persatuan Alam Pancasila Karakter Mahasiswa (PUNDEN). Surakarto: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Arfiah, S., & Prasetya, A. (2017). Pembelajaran Kepramukaan dalam Penguatan Karakter Kemandirian dan Tanggung Jawab dalam Upaya Mempersiapkan Mahasiswa PPKn sebagai Pembina Ekstrakurikuler di Sekolah. URECOL, 167-178.

Anggaran Rumah Tangga (ART) Gerakan Pramuka Bab. IV Bag. I Pasal 8 ayat 2 Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tantang Hak warga Negara untuk Berserikat dan Mendapatkan Pendidikan 28, Pasal 28C, dan Pasal 31

Amir Syarifudin, Garis-Garis Besar Fiqih, (Jakarta: Kencana, 2003), Cet. Ke-2, CANDRADIMUKA Bahan serahan kursus pembina mahir tingkat dasar

(lampung:pusdiklatda intan pura:2021)

Damanhuri, D., Bahrudin, F. A., Legiani, W. H., & Rahman, I. N. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2).

Yudhoyono, Susilo Bambang. 2009. Sambutan Pembukaan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara 2009. (Online), (http://www.presidenri.go.id/index.php/ pidato/2009/06/17/1174.html), diakses 8 Desember 2018

Dhofier, 1994. Panglima Besar Jenderal Sudirman adalah seorang santri sekaligus pandu yang memimpin perang gerilya.

Dian Susanti, 2013. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Karakter Mahasiswa.Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Faradila, A. H., Holilulloh, H., & Adha, M. M. (2014). Pengaruh Pemahaman Ideologi Pancasila Terhadap Sikap Moral Dalam Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Kultur Demokrasi, 2(7).

Iswahyudi, D., & Akbar, M. R. (2020). Pendidikan kepramukaan untuk penanaman nilai-nilai Pancasila di SMP Budi Mulia Pakisaji Kabupaten Malang. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1).

Nainggolan, Natalia. 2016. Peranan Kepramukaan dalam Membina Sikap Nasionalisme pada Gugus Melati Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Prodi PGSD FKIP Unsyiah Volume 1Nomor 2016. Universitas Syiah Kuala.

Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter:Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Istiqomah, D., Astuti, S., & Nurwahyudi, N. (2023). Implementasi Kursus Mahir Dasar (KMD) Pada Praktek Ibadah Peserta Didik. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 291-301.

Prahesti, D. (2021). INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PERAN DASADHARMA PRAMUKA. EDUTAMA.

Petunjuk Pelaksanaan Gugus Depan Gerakan Pramuka yang Berpangkalan di di Kampus Perguruan Tinggi (Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 180 A Tahun 2011.

Sitohang, D., Badu, S., Leki, F., & Bako, M. (2022). Penguatan Nilai Pancasila Melalui Kegiatan Ektrakulikuler Pramuka Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan. CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ), 4(1), 47-55.

Yusro, A. C., & Habsari, N. T. (2019). Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) dengan Model Segmental untuk Calon Guru SD. Birokrasi Pancasila: Jurnal Pemerintahan, Pembangunan Dan Inovasi Daerah, 1(1), 34-39.

Safrudin, (2022) Pengembangan 18 Pendidikan karakter di Perguruan Tinggi CV Budi Utama Surakarta.

Sunardi (2016: 13-15). Dasadharma pramuka dapat menjabarkan menjadi banyak sikapsikap dalam hidup dan berpola tingkah laku yang sesuai.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tetangGerakan Pramuka

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Keputusan Musyawarah Nasional Luar Biasa Gerakan Pramuka Nomor 05/Munaslub/2012 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 231 Tahun 2007,Tentang Petunjuk. Penyelenggaraan Gugus Depan Gerakan Pramuka

Modul Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, Lampung 2011.

Eka, Imam Sauti. 2011. Panduan Membina. Jakarta: Pustaka Tunas Media.

Downloads

Published

2023-06-19 — Updated on 2023-06-19

How to Cite

Safrudin, S., Hutagaol, R. ., Indah, D. ., & Rejeki, R. (2023). IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA TERHADAP KURSUS MAHIR DASAR PADA MHASISWA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4012–4022. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15694