EDUKASI GIZI ISI PIRINGKU DENGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE DI TK TRI INSANI PERMATA PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15681Keywords:
Isi Piringku, Puzzle, Anak PrasekolahAbstract
Konsep empat sehat lima sempurna kini sudah tidak lagi digunakan karena sudah berkembang dan disempurnakan menjadi Pedoman Gizi Seimbang (PGS) sejak tahun 2014. Namun, pengenalan makanan bergizi di sekolah belum menggunakan Pedoman Gizi Seimbang. Kementerian Kesehatan mengampanyekan gizi seimbang dalam bentuk sajian sekali makan yang dikenal dengan ”Isi Piringku”. Isi Piringku merupakan visualisasi jenis dan porsi makan yang mudah untuk diikuti. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan Isi Piringku pada anak prasekolah di TK Tri Insani Permata. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi tanya jawab dengan menggunakan media flyer tumpeng gizi seimbang dan ilustrasi gambar Isi Piringku. Kemudian untuk mempraktikkan menyusun menu Isi Piringku digunakan media puzzle. Hasil kegiatan ini dapat menambah pengetahuan anak prasekolah tentang gizi seimbang dan Isi Piringku. Dapat disimpulkan media permainan puzzle dapat digunakan untuk mengenalkan konsep Isi Piringku serta menambah wawasan guru pendamping dalam mengembangkan media ajar tentang gizi dan makanan sehat.References
Ambari, R. P., Lita, L. L., & Khamidun, K. K. (2018). Perubahan Perilaku Anak Prasekolah dalam Pemenuhan Asupan Gizi Seimbang melalui Penerapan PAUD Sadar Gizi di TK-IT Mutiara Hati Kota Semarang. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4267
Azijah, I., & Adawiyah, A. R. (2020). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak: Bayi, Balita, dan Usia Prasekolah. Penerbit Lindan Bestari.
Darni, J. (2020). Pengaruh pemberian edukasi komik isi piringku terhadap pengetahuan dan asupan lemak pada anak gizi lebih. Darussalam Nutrition Journal, 4(1), 7–15.
Indradewi, I. R. (2020). Pengaruh Pemberian Edukasi Gizi Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Isi Piringku Pada Siswa Sekolah Dasar. Repository Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. https://repository.poltekkes- smg.ac.id/index.php/index.php?p=show_detail&id=22914&keywords=
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2015).
Nasution, A. S., & Nasution, A. (2020). Puzzle Gizi sebagai Upaya Promosi terhadap Perilaku Gizi Seimbang pada Siswa. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 16(1), 89–99.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013 Tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif, (2013). https://jdih.kemenpppa.go.id/peraturan/perpres_no.60- 2013.pdf
Rehulina Bangun, D. (2022). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). https://files1.simpkb.id/guruberbagi/rpp/487095-1649435793.pdf
RI, K. K. (2014). Pedoman PGSKesehatan,. Pedoman Gizi Seimbang, 1–99.
Rina, P. L. (2016). Pembelajaran Pengenalan Makanan Bergizi Pada Anak Kelompok a Di Tk Lkia 2 Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(7).
Sulfianti, S., Sutrio, S., Novela, V., Saragih, E., Junita, D., Sari, C. R., Maharani, H., & Argaheni,
N. B. (2021). Penentuan Status Gizi. Yayasan Kita Menulis.
Utari, D., Rohmani, N., & Prabasiwi, A. (2022). Peningkatan Pengetahuan Gizi Seimbang Anak Usia Sekolah dengan Metode Isi Piringku. Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 19–28.
Yuniati, E. (2018). Puzzle mempengaruhi perkembangan motorik halus anak usia prasekolah Di TK At Taqwa Mekarsari Cimahi. Jurnal Kesehatan, 11(2), 65–74.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sucita Lestari Natalina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.