WORKSHOP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS INFORMASI DAN TEKNOLOGI DI SMA NEGERI 1 SIDAMANIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15672Keywords:
Workshop, Media, Pembelajaran, Teknologi, InformasiAbstract
Tujuan dari kegiatan Pengabdian ini adalah untuk melatih dan meningkatkan kemampuan guru-guru SMA Negeri 1 Sidamanik kabupaten Simalungun Sumatera Utara dalam mengembangkan pembelajaran media bahasa inggris berbasis sistem informasi dan teknologi atau dikenal dengan ICT. Dari observasi dilapangan disimpulkan bahwa kemampuan guru-guru masih kurang dalam mengaplikasiskan teknologi terhadap pembelajaran dikelas masing masing dengan menggunakan ICT. Hampir semua guru-gurunya tidak memahami untuk menggunakan media teknlogi dalam proses pembelajaran baik tugas dan mengajar kepada peserta didik. Metode yang dilaksanakan dalam kegiatan pengabdian ini terdiri dari observasi, perencanaan, persiapan, tindakan, refleksi dan evaluasi terhadap workshop pengembangan pembelajaran media bahasa inggrisi. . adapun hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yang dilaksanakan oleh dosen-dosen adalah bahwa aguru-guru mampu menguasai teknoogi seta dapat mengaplikasikannya dalam penyampaian materi-materi pembelajarna dikelas. Kemudian meningkatakan wawasan tenta pentingnya media pembelajaran yang berbasis sisteminformasi dan teknologi. Guru-guru mampu mendesain materi-materi, tugas peserta didik melalui media.References
Ahmadi, Y. 2018. Pembelajaran Wacana Sebagai Landasan dalam Berliterasi Sastra untuk Meningkatkan Karakter Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 1 (1).
Ali, M. .2013. Peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran melalui teknologi informasi dan komunikasi di universitas negeri Yogyakarta. Prosiding SENTIA Politeknik Negeri Malang.
Hapsari, A. E. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 1-9.
Kadarisma, G., Senjayawati, E., & Amelia, R. 2019. Pedagogical Content Knowledge Pre-Service Mathematics Teacher. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 012068.
Mufiidah, D. W., Haenilah, E. Y., & Sofia, A. 2019. Pembelajaran Berbantuan ICT dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).
Muhson, A. 2004. Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(2).
Nursamsu, N., & Kusnafizal, T. 2017. Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa Di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 165- 170.
Sulistiani, O. D., & Purnamasari, N. L. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Microsoft Excel Di SMAN 1 Tulungagung.
Sahid. (2016). Pengembangan Media pembelajaran Berbasis ICT. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY, Yogyakarta
Riskiawan, H. Y., Setyohadi, D. P. S., & Arifianto, A. S. 2016. Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas dan Kreativitas Guru SMA. J- Dinamika, 1(1).
Zayyadi, M., Supardi, L., & Misriyana, S. 2017. Pemanfaatan Teknologi Komputer sebagai Media Pembelajaran pada Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(2), 25-30.
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. In Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS. FMIPA Unesa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bertaria Sohnata Hutauruk

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










