PELATIHAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS GEOSPASIAL BAGI GURU SMA DI KOTA KENDARI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15251Keywords:
Kompetensi Guru; Sekolah Menengah Atas; Kota KendariAbstract
Secara umum guru-guru geografi masih memiliki keterbatasan pemahaman terhadap beberapa konsep-konsep geografi yang berkaitan dengan pembelajaran berbasis spasial. Informasi hasil diskusi bersama guru, sebagian besar guru SMA di Kota Kendari tidak melaksanakan pembelajaran geografi berbasis geospasial yang memanfaatkan aplikasi sistem informasi geografi. PKM ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami guru dalam pembelajaran geografi berbasis spasial; dan 2) Memberikan Pelatihan Pembelajaran Geografi Berbasis Geospasial Bagi Guru SMA di Kota Kendari yang memanfaatkan aplikasi QGIS. Tim pengajar dari Jurusan Pendidikan Geografi FKIP UHO membagi pengetahuan dan pengalaman kepada para guru geografi yang ada di Kota Kendari dengan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, berupa Pelatihan Pembelajaran Geografi Berbasis Geospasial Bagi Guru SMA di Kota Kendari menggunakan metode Focus Discussion Group dan pendampingan klinis. Melalui PKM dan kegiatan pelatihan hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran geografi berbasis geospasial yang memanfaatkan aplikasi QGIS dapat teratasi, sehingga kinerja para guru dan kualitas pembelajaran meningkat.References
Adiningsih, E., Zulkarnain, & Dedy, M. (2014). Hambatan Guru Dalam Pembelajaran Geografi Materi Sistem Informasi Geografis di SMAN 1 Palas. https://123dok.com/document/ynpv85jz-hambatan-guru-pembelajaran-geografimateri-sistem-informasi-geografis.html.
Angriani, P., Adyatma, S., Rahman, A.M., & Saputra, A.N. (2020).
Peningkatan Kompetensi Spasial Melalui Pembuatan Peta Bagi Guru Geografi SMA di Kota Banjarmasin. Bubungan Tinggi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 (1), 31-36.
Berry, L.L. & Parasuraman, A. (1991). Marketing Services: Competing Through Quality. First Edition. New York: The Free Press.
Dewi, Anastasia A. (2018). Analisis Pendekatan ITM (Ilmu Teknologi Masyarakat) di Dalam Mengatasi Pembelajaran IPS pada Peserta didik. Jurnal Dimensi.
Volume 7 Nomor 1. Halaman 1-9 Maret 2018.
Gibson, J.L. et al. (1995). Organizations Behavior Structure and Process. Homewood, Illinois: Richard D. Irwin, nc.
Hadini, L., Nurgiantoro, N., & Ati, A. (2022). Pengenalan Pembuatan Peta dan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quantum Geographic Information System Bagi Guru Geografi SMA di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 537-546. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/1229.
Keputusan Menteri Penertiban Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2004, tentang Azas Pelayanan Publik. Jakarta: Kementerian PAN.
Kunandar. (2009). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali
Pers.
Parasuraman, A., Zeithmal, V.A. & Berry, L.L. (1985). “A Conceptual Model of Service Quality and its Implication for Future Research. “Journal Marketing.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Setjen Depdiknas.
Setyowati, R. & Wira, F. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. Volume 3 Nomor 1 bulan Maret 2018 page 14-17.
Sukamto (1998). Manajemen mutu terpadu untuk Sekolah Dasar. Makalah pelatihan
Sumaryati Sri. (2013). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Pelatihan
Model-model Pembelajaran Inofatif. Jurnal Inotek, Volume 17 Nomor 2 Agustus 2013. Hlmn 140-150.
Suwito, S., Sari, Y. I., Wahyudianto, T., & Wardani, N. R. (2016). Pemanfaatan Data Geospasial (Peta) dalam Proses Pembelajaran Geografi. Paper presented at the Seminar Nasional Pendidikan Geografi, Purwokerto.
Tola, Dwiyanto, Agus (2002). Reformasi Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Yogyakarta: PSKK-UGM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sitti Kasmiati, La Ode Hadini, Andrias Andrias, Fitriyani Saudi, Ema Hermawati Garusu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










