SOSIALISASI PENGEMBANGAN UMKM UNTUK MENUMBUHKAN POTENSI KEWIRAUSAHAAN DI KELURAHAN WONOPLUMBON KEC MIJEN KOTA SEMARANG
Keywords:
Pengembangan UMKM, Kewirausahaan, Kemampuan BersaingAbstract
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan potensi kewirausahaan di kelurahan Wonoplumbon, Kecamatan Mijen, Kota Semarang melalui sosialisasi pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kepada masyarakat setempat. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan melalui berbagai metode, seperti seminar, workshop, dan pelatihan. Selain itu, juga dilakukan pendampingan dan pembinaan kepada para pelaku UMKM yang sudah ada, agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi mereka. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa sosialisasi pengembangan UMKM dapat membantu meningkatkan potensi kewirausahaan di kelurahan Wonoplumbon. Hal ini terlihat dari bertambahnya jumlah UMKM yang berdiri dan berkembang di wilayah tersebut, serta peningkatan kualitas produk dan pemasaran yang dilakukan oleh para pelaku UMKM. Secara keseluruhan, kegiatan sosialisasi pengembangan UMKM dapat dijadikan sebagai contoh bagi wilayah lain dalam meningkatkan potensi kewirausahaan di masyarakat. Selain itu, perlu dilakukan upaya lanjutan dalam membina dan mengembangkan UMKM agar dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.References
Anggraeni, A. (2018). Sosialisasi Nomor Pirt Dan Sertifikasi Halalpada Produk Pangan, Serta Penyuluhan Kandungan Bahan Pangan, Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 700–703.
Gusnadi, D., Taufiq, R., & Baharta, E. (2021). Uji Oranoleptik Dan Daya Terima Pada Produk Mousse Berbasis Tapai Singkong Sebegai Komoditi Umkm Di Kabupaten Bandung. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2883–2888.
Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi pengembangan digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed, 9(1).
Mashuri, M. (2019). Analisis strategi pemasaran UMKM di era 4.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 215–224.
Naqsyahbandi, F., Fitriani, A. R., & Hikmah, N. F. (n.d.). Pengaruh Penambahan Zat Aditif (Ekstrak Daun Kemangi, Kulit Jeruk, Dan Serai) Pada Pengolahan Kertas Berbahan Dasar Limbah Pelepah Pisang Dan Kertas Bekas. Prosiding, 19.
Niode, I. Y. (2009). Sektor UMKM di Indonesia: Profil, masalah, dan strategi pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis OIKOS-NOMOS, 2(1), 1–10.
Permana, S. H. (2017). Strategi peningkatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi, 8(1), 93–103.
Putri, S. (2021). Peran pembiayaan syariah dalam pengembangan UMKM di Indonesia. Al Hisab: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), 1–11.
Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan usaha umkm di masa pandemi melalui optimalisasi penggunaan dan pengelolaan media digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–123.
Sanggrama, E. B., Rachmat, R. S., & Tin, S. T. S. (2020). Sebuah Solusi dari Para Mahasiswa dan Dosen Akuntansi untuk Perkembangan UMKM di Indonesia: Kata Kunci: UMKM, Akuntan, Kontribusi. Jurnal Akuntansi, 12(1), 146–158.
Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137–146.
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51–58.
Sukma, A., Hermina, N., & Novan, D. (2020). Pengaruh Produk, Distribusi Dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Produk Umkm Binaan Kadin Jabar Pada Situasi Covid-19. Manners, 3(2), 91–102.
Tambunan, T. (2012). UMKM Indonesia. Buku Dosen-2014.
Windusancono, B. A. (2021). Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Mimbar Administrasi, 18(2), 32–45.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eko Nursanty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.