KONTRIBUSI KAMPUS MENGAJAR 5 DALAM MENINGKATKAN LITERASI DI SDN 3 KOTA BENGKULU MELALUI MAJALAH DINDING
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15074Keywords:
Kampus Mengajar, Literasi,Majalah DindingAbstract
Program kampus mengajar yang dibuat pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia guna meningkatkan literasi yang di terapkan mahasiswa kampus mengajar 5 melalui program majalah dinding. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif, hasil adari penelitian ini peneliti melakukan observasi dengan berkoordinasi kepada dosen pembimbing lapangan, guru pamong, dan pihak sekolah mengenai program majalah dinding kemudian melaksanakan program dengan membuat mading yang berisi informasi yang dapat menarik perhatian siswa/siswi SDN 3 Kota Bengkulu setelah itu melakukan evaluasi terhadap maalah dinding yang telah dibuat mahasiswa tim kampus mengajar angkatan 5. Hasil dari penelitian ini, Siswa/siwi dapat menambah ilmu pengetahuan, percaya diri, menampilkan hasil karya mereka, memotivasi siswa lain, dan tentunya meningkatkan literasi para siswa/siwi di SDN 3 Kota bengkulu.References
Anwar, Rosyida Nurul. 2021. “Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 9 (1): 210–19. Https://Doi.Org/10.47668/Pkwu.V9i1.221.
Baroroh, Alisia Zahro’tul, Erni Yuliani, Fina Arum, And Elissa Wilda Fuaida. 2021. “Pengaruh Mading Kelas Terhadap Peningkatan Budaya Literasi Pada Siswa Di MI / SD.” Seminar Nasional Pgmi 2021, No. 1: 763–74.
Dodi, Ilham. 2019. “Menggagas Pendidikan Nilai Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 8 (3): 109–22. Https://Jurnaldidaktika.Org/Contents/Article/View/73.
Fitri, Siti Fadia Nurul. 2021. “Problematika Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (1): 1617–20.
Fitriani, Yani Dan Azis, Ikhsan Abdul. 2019. “Literasi Era Revolusi Industi 4.0,” 100.
Hukubun, Ronald D., Novisty Mainake, Fatima Kubais, Delce Kainama5 Siti S. Rumonin4, And Eva S. Ratuluhain6. 2022. “Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura, Ambon Article History:” 1 (4): 119–26.
Mufidah, Elia Firda. 2022. “Program Peningkatan Literasi Dan Numerasi Di SDN 374 Gresik Melalui Kampus Mengajar 3” 3: 39–44.
Ridwan, Muannif, Bahrul Ulum, Fauzi Muhammad, Islam Indragiri, And Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. 2021. “Pentingnya Penerapan Literature Review Pada Penelitian Ilmiah (The Importance Of Application Of Literature Review In Scientific Research).” Jurnal Masohi 2 (1): 42–51. Http://Journal.Fdi.Or.Id/Index.Php/Jmas/Article/View/356.
Saefulmilah, Rd. Muhammad Ilham, And M. Hijrah Saway. 2020. “Hambatan-Hambatan Pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sma Riyadhul Jannah Jalancagak Subang.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2 (3): 393–404. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Nusantara.
Waldi, Atri, Nana Meisah Putri, Viero Ridalfich, Dina Mulyani, And Enjel Mardianti. 2022. “Peran Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Literasi , Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar Di Sumatera Barat” 5 (3): 284–92.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mella Endah Sepdiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










