IMPLEMENTASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM KRUPUK NASI DI DESA JATIREJO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15277Keywords:
Media Sosial, Media Promosi, UMKM.Abstract
Perkembangan sistem teknologi dan komunikasi yang semakin canggih harus diimbangi dengan inovasi pemasaran sebuah produk. Pemakaian media sosial sebagai pilar utama dalam penyampaian informasi sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha, namun hal ini tidak dimanfaatkan oleh pelaku usaha kecil mikro (UKM) di Desa Jatirejo khususnya penggunaan media internet yang berakibat pada permasalahan penurunan omset setiap bulannya, sedangkan tingkat persaingan usaha semakin hari semakin ketat. Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi dalam menjangkau pemasaran lebih luas ke calon konsumen dapat lebih maksimal, sehingga memiliki potensi untuk menaikkan omset dari pelaku UKM. Melalui media sosial sebagai solusi yang diterapkan untuk memperbaiki permasalahan mitra yaitu dengan memperluas jangkauan pemasaran serta untuk meningkatkan kapasitas penjualan kerupuk nasi. Aplikasi Tiktok dipilih sebagai implementasi pemanfaatan media sosial melalui observasi pemberian materi pemasaran, Implementasi dan Evaluasi. Pelatihan ini bertujuan agar pelaku UKM nasi kerupuk memiliki pemahaman dan keterampilan dalam memasarkan produknya secara online melalui aplikasi TikTok. Hasil dari pelatihan yaitu tiap peserta telah memiliki akun aktif di TikTok guna pemasaran produk yang lebih efisien dan efektif.References
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung.
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Priatama, R., Ramadhan, I. H., Zuhaida, A.-, Akalili, A., & Kulau, F. (2021). Analisis Teknik Digital Marketing Pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467
Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messenger.
Suci, Y. R. (2016). Pengembangan UMKM dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Wilayah Pedesaan. Journal Development. https://doi.org/10.53978/jd.v4i2.37
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Masadah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.