OPTIMALISASI FOTO PRODUK UNTUK KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL BAGI PEDAGANG RPTRA RASAMALA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15070Keywords:
Foto Produk, Komunikasi Pemasaran online, Media SosialAbstract
Pada era digital saat ini jika ingin usahanya maju pedagang harus melakukan komunikasi pemasaran melalui media online yang sering disebut dengan marketing digital. Untuk memasarkan melalui media online diperlukan foto produk yang menarik agar orang yang menjadi target sasaran tertarik terhadap produk yang ditawarkan. Mitra dalam pengabdian ini adalah RPTRA Rasamala kelurahan Menteng Dalam Jakarta Selatan. Sasaran pengabdian ini adalah ditujukan terutama bagi ibu-ibu pedangan di lingkungan RPTRA Rasamala yang belum melakukan pemasaran melalui media online dan belum menggunakan foto produk untuk menunjang pemasaran. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya pemasaran online dan cara membuat foto produk yang menarik sebagai penguat komunikasi pemasaran online agar para ibu-ibu pedagang di lingkungan RPTRA Rasamala dengan harapan akan meningkatkan penjualan. Metode pengabdian ini dilakukan dengan cara memberikan ceramah, diskusi dan tanya jawab serta mempraktekkan foto produk dengan menggunakan telepon selular. Pengabdian ini mendapatkan respon yang sangat positif baik dari pihak mitra maupun para peserta dan para ibu-ibu menjadi menyadari akan pentingnya melakukan komunikasi pemasaran online dan mampu membuat foto produk melalui telepon selular yang dimiliki serta mengunggah pada media sosial seperti instagram.References
Dinar, Muhammad, and Tuti Supatminingsih. 2022. “Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar.” 3(1).
Feryanto, Feryanto, and Nia Rosiana. 2021. “Penggunaan Telepon Seluler Untuk Pemasaran Serta Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Petani.” Jurnal AGRISEP Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis 20(01):25–40. doi: 10.31186/agrisep.20.01.25-40.
Jayanti, Fitri D. W. I. 2022. “Untuk Pemasaran Digital.” II(1):1–11.
Novianti, Erlina, Asih Retno Dewanti, Silviana Amanda Aurelia Tahalea, and Malcheni Malcheni. 2021. “Pelatihan Foto Makanan Dengan Menggunakan Kamera Handphone Untuk Komite Sekolah TK Tunas Muda I IKKT.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7(3):967. doi: 10.37905/aksara.7.3.967-976.2021.
Nugraheny, Dwi, Asih Pujiastuti, Sudaryanto Sudaryanto, Hero Wintolo, Harliyus Agustian, Salam Aryanto, Yuliani Indrianingsih, and Anton Setiawan Honggowibowo. 2022. “Pendampingan Dan Pelatihan Cara Pengambilan Foto Produk UMKM Untuk Pemasaran Di Media Sosial.” KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 5(1):23–30. doi: 10.28989/kacanegara.v5i1.1017.
Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: Pustaka Setia.
Priharjo, Pratiwi Wulandari. 2021. “Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi........” 20(01):1–13.
Prisgunanto, Ilham. 2014. Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta: CV Prisani Cendekia.
Rustam, Muhammad. 2015. “Penggunaan, Telepon Genggam, Masyarakat Nelayan 11.” Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan 19(1):11–22.
Suwatno, H. 2017. Komunikasi Pemasaran Kontekstual. edited by Edi Suryadi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sumiyati Sumiyati, Aska Leonardi, Supriadi Supriadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.