PESANTREN RAMADAN SEBAGAI SARANA KEILMUAN DASAR ISLAM SISWA SD NEGERI 05 ANDALEH

Authors

  • Muhammad Iqbal Al-Hafiz Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Romadhona Kusuma Yudha Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rekho Adriadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ajat Manjato Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Septina Lisdayanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15013

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Pesantren, Ramadan, Islam

Abstract

Bertepatannya pada bulan suci Ramadan 14444 Hijriah SD Negeri 05 Andaleh berkolaborasi dengan mahasiswa dari Program  Kampus Mengajar mengadakan kegiatan pesantren Ramadan sebagai bentuk sarana keilmuan dasar Agama Islam yang dilakukan pada bulan Ramadan.   Tujuan diadakannya pesantren Ramadan ini agar  peserta didik SD Negeri 05 Andaleh dapat mengetahui dasar-dasar keilmuan Islam yang mana bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.  Kegiatan pesantren Ramadan ini juga diadakan di salah satu Masjid terdekat dari sekolah sehingga dengan diadakannya di Masjid akan menumbuhkan rasa cinta peserta didik terhadap Masjid sebagai tempat beribadahnya umat Islam. Dalam pelaksaan kegiatan pesantren Ramadan ini terdapat jadwal materi dengan sistem sosialisasi serta mengaet feedback dari peserta didik yang mana pemateri dari guru-guru berkolaborasi bersama mahasiswa Program Kampus mengajar. Menanamkan keilmuan agama kepada peserta didik sejak dini adalah upaya membentuk karakter peserta didik yang baik dan paham akan tujuan kehidupan di dunia.

References

Ainissyifa, Hilda.(2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam.

Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 1-26.

Ardianti, Sekar Dwi, Savitri Wanabuliandari. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Smart

Module Ethno-Edutainment untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru SD.

Jurnal Pengabdian danPemberdayaan Masyarakat, 25-30.

Campbell, David. 2017. Mengembangkan Kreativitas diterjemahkan oleh A.M. Mangunhardjana.

Yogyakarta: PT. Kanisius.

Chairiyah, Y. (2021). SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN MADRASAH SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 48-60.

Fajrussalam, H. (2020). INOVASI PESANTREN RAMADHAN DALAM . EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1-10.

Nursena, Muhammad Armel. & DKK..(2021). Implementasi Program IMTAQ (Iman dan Taqwa)

dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Santri Mahasiswa di Pondok Pesantren X Dago

Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 147-152.

Nurulqolbi, K., & Dkk. (2022). Pengelolaan Program Pesantren Ramadan di SMP Assalam Bandung. Bandung Conference Series: Islamic, 28-35.

Rahminawati, Nan.( 2020). Bahan Ajar Manajemen Pendidikan. Bandung : Universitas Islam

Bandung.

Sudrajat, A. & Wibowo, A.(2013). Pembentu kan Karakter Terpuji di Sekolah Dasar

Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal Pendidikan Karakter, 174-185.

Wuryandani, W., & Dkk. (2014). PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI SEKOLAH DASAR. Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar, 286-295.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Al-Hafiz, M. I., Yudha, R. K. ., Adriadi, R. ., Manjato, A. ., & Lisdayanti, S. (2023). PESANTREN RAMADAN SEBAGAI SARANA KEILMUAN DASAR ISLAM SISWA SD NEGERI 05 ANDALEH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3692–3697. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15013