PEMANFAATAN UJI KOMPETENSI DENGAN GOOGLE FORM PADA PEMBELAJARAN PELATIHAN KEMANDIRIAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN (LAPAS) JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1484Keywords:
Lapas, Google form, Partsipatoris, Warga BinaanAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan google form saat ujian pada saat pelaksanaan Pelatihan Kemandirian di Lembaga Pemasyarakatan Jakarta Tahun 2021. Pelatihan kemandirian merupakan suatu pelayanan bagi warga binaan berupa pelatihan kemandirian di bidang manufaktur seperti kegiatan kecakapan hidup pengelasan, perbaikan ac, pembuatan kandang burung, dan lain lain bidang jasa seperti barber shop, digital printing, sablon dan lain lain. Bidang agrobisnis seperti budidaya tanaman dan budidaya ikan, ayam, dan lain lain, dan terakhir bidang boga mulai dari masakan nusantara, internasional, kue basah dan kue kering serta minuman kekinian dan jamu aserta barista. Setelah warga binaan mendapatkan materi pelatihan akan diakhiri dengan ujian, dan pelatihan kemandirian menggunakan layanan google form sebagai alat untuk mengambil nilai, selain hemat waktu, tenaga, juga dalam apliaksi google form bisa langsung di skoring, sehingga dapat dilihat statistik nilai dari jenis pelatihan bidang yang mendapatkan skor dari masing masing warga binaan sebagai peserta. Pada pelatihan kemandirian ini bidang tata boga yang mendapatkan nilai tertinggi sampai 100 dari 1 warga binaan dan nilai yang sering muncul di skor 80, sedangkan bidang dengan tingkat skoring terendah dari bidang lain yaitu pengelasan dengan skor tertinggi 75 dan skor terendah 40. Bidang lainnya seperti sablon dan pembuatan hand saniziter berada dengan nilai yang sering muncul atau modus 85.References
Anggraini, L, 2007, Sistem Ujian Online dan Penilaian Siswa Berbasis Web pada SMA PGRI 109 Tangerang : Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana, Tangerang.
Arikuntp, Suharsimi (2013), Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta
Belawati T (2020) Pembelajara Online. Tangeranf Selatan : Universotas Terbuka
Bilfaqih Y & Qomarudin NM (2015) Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Edisi 1 Cet 1 Yogyakarta : Deepublish
Anwar Yesmil, Kriminologi, Refika Aditama, Bandung, 2013
Cahyadi A (2019) Pengembangan Media dan Sumber Belajar : Teori dan Prosedur. Serang : Penerbit Laksita Indonesia
Direktur Pendidikan dan Pembelajaran (2014). Pedoman Penjaminan Mutu Penyelenggaraan Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu. Jakarta : idrektur Pembelajaran dan Kemahasiswaan
Direktorat Pembelajaran (2019). PAndua Prose Pembelajaran Daring SPADA 2019. Jakarta : Kementrian Riset
Fathurohman M (2013). Model Pembelajarab Invatif Alternatif Desain Pembelajaran yang menyenangkan. ED I. Jogyakarta : Ar-RUZZ Media
Muljono Wahyu, Pengantar Teori Krimimologi, Pustaka Yustia, Yogyakarta, 2012
Sugiyono (2018). Metode PEnelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta, CV