EVALUASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KABUPATEN TABANAN

Authors

  • I Made Agus Widiana Putra Universitas Tabanan
  • I Made Agus Oka Gunawan Universitas Tabanan
  • I Putu Buda Suyasa Universitas Tabanan
  • I Putu Dody Suarnatha Universitas Tabanan
  • I Gede Jana Adi Putra Universitas Tabanan

Keywords:

Evaluasi, User Experience Questionnaire, Learning Management System, Tabanan

Abstract

Selama proses penggunaannya, belum pernah dilakukan evaluasi pengguna terhadap layanan LMS Matahari Tabanan. Sehingga untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan kebermanfaatannya, maka diperlukan evaluasi berbasis pengguna terhadap layanan LMS Matahari Tabanan. Salah satu metode evaluasi berbasis pengguna adalah evaluasi usability. Ada banyak jenis evaluasi usability, salah satunya adalah User Experience Questionnaire yang mampu memberikan gambaran aspek kebermanfaatan hingga pengalaman pengguna. User Experience Questionnaire (UEQ) mencakup enam aspek pengalaman pengguna dengan total 26 butir pernyataan. Masing-masing aspek tersebut adalah daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi dan kebaruan. Analisis data UEQ dilakukan dengan menggunakan UEQ Data Analysis Tool dengan membandingkan nilai setiap aspek dengan kumpulan data produk yang tersedia. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan 16 responden yang dipilih dari perwakilan pimpinan, sub bagian, bidang dan sub bidang yang ada di BKPSDM Kabupaten Tabanan. Berdasarkan analisis yang dilakukan, aspek daya tarik termasuk pada kategori Sangat Baik dengan nilai 1,92. Aspek kejelasan termasuk pada kategori Diatas Rata-Rata dengan nilai sebesar 1,52. Aspek efisiensi termasuk pada kategori Sangat Baik dengan nilai sebesar 1,97. Aspek ketepatan termasuk pada kategori Sangat Baik dengan nilai sebesar 1,97. Aspek Stimulasi termausk pada kategori Sangat Baik dengan nilai sebesar 1,89. Aspek Kebaruan termasuk pada kategori Sangat Baik dengan nilai sebesar 1,64. Hasil analisis menunjukkan bahwa dapat dilakukan perbaikan pada aspek kejelasan sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan dari pelatihan pada LMS Matahari Tabanan.

References

Gunawan, I. M. A. O., & Hariyanti, H. (2022). Evaluasi Kepuasan Pengguna Pada Website Smk Wira Harapan Menggunakan System Usability Scale. Smart Comp?:Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 11(4), 607–614.

Gunawan, I. M. A. O., Indrawan, G., & Sariyasa, S. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Kemajuan Akademik Menggunakan Model Incremental Berbasis Evaluasi Usability Dan White Box Testing. Sintech (Science And Information Technology) Journal, 4(1 Se-), 67–78. Https://Doi.Org/10.31598/Sintechjournal.V4i1.661

Gunawan, I. M. A. O., Putra, I. M. A. W., & Damayanthi, K. L. (2021). Evaluasi Usability Pada Website Pustakawan Ganeca Digital Menggunakan User Experience Questionnaire Dan Think Aloud. Syntax Literate?; Jurnal Ilmiah Indonesia;, 6(1).

Gupta, S. (2015). A Comparative Study Of Usability Evaluation Methods. International Journal Of Computer Trends And Technology, 22(3), 103–106. Https://Doi.Org/10.14445/22312803/Ijctt-V22p121

Hinderks, A., Schrepp, M., José, F., Mayo, D., & José, M. (2019). Computer Standards & Interfaces Developing A Ux Kpi Based On The User Experience Questionnaire. Computer Standards & Interfaces, January, 1–9. Https://Doi.Org/10.1016/J.Csi.2019.01.007

Indrawan, G., Gunawan, I. M. A. O., & Sariyasa. (2020). The Usability Evaluation Of Academic Progress Information System ( Siska-Ng ). Advances In Science, Technology And Engineering Systems, 5(2), 460–468. Https://Doi.Org/10.25046/Aj050259

Istiyana, N. A., Nurniah, N., Azis, S. N., & Nur, M. A. (2023). Evaluasi Keberterimaan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Akademik Politeknik Negeri Ujung Pandang. Akunsika: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 22–37.

Kango, R., & Ghozi, S. (2019). Tantangan Pembelajaran E-Learning Di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Teknologi Dan Humaniora (Semantech), 1(1), 137–144.

Paramitha, A. A. I. I., Dantes, G. R., & Indrawan, G. (2018). The Evaluation Of Web Based Academic Progress Information System Using Heuristic Evaluation And User Experience Questionnaire (Ueq). Proceedings Of The 3rd International Conference On Informatics And Computing, Icic 2018. Https://Doi.Org/10.1109/Iac.2018.8780430

Santoso, H. B., Schrepp, M., Yugo Kartono Isal, R., Utomo, A. Y., & Priyogi, B. (2016). Measuring User Experience Of The Student-Centered E-Learning Environment. Journal Of Educators Online, 13(1), 58–79.

Schrepp, M. (2019). User Experience Questionnaire Handbook Version 8. Url: Https://Www. Researchgate. Net/Publication/303880829_User_Experience_Questionnaire_Handbook_Version_2.(Accessed: 02.02. 2017), 1–15.

Schrepp, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2017). Construction Of A Benchmark For The User Experience Questionnaire (Ueq). International Journal Of Interactive Multimedia And Artificial Intelligence, 4(4), 40–44. Https://Doi.Org/10.9781/Ijimai.2017.445

Winaya, A. N. W., Setemen, K., & Kesiman, M. Wi. A. (2022). Analisis Keberterimaan Pengguna Taring Dukcapil Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam), Delone & Mclean Dan Importance Performance Analysis (Ipa). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer; Vol 9, No 5: Oktober 2022do - 10.25126/Jtiik.2022956255.

Downloads

Published

2023-05-17

How to Cite

Putra, I. M. A. W. ., Gunawan, I. M. A. O. ., Suyasa, I. P. B. ., Suarnatha, I. P. D. ., & Putra, I. G. J. A. . (2023). EVALUASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KABUPATEN TABANAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2652–2660. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14738

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.