SOSIALISASI PEMANFAATAN GAME BASE LEARNING (GBL) DALAM PEMBELAJARAN DI SMP N 2 NGRONGGOT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25109Keywords:
Sosialisasi, Permainan, Berbasis, Pembelajaran, GBLAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memperkenalkan teknologi baik kepada para siswa maupun pada bapak/ibu guru untuk dapat terbiasa dengan kemajuan teknlogi. Selain itu, dengan adanya Game Based Learning dapat menarik minat siswa saat proses pembelajaran berlangsung sehingga menjadikan siswa lebih aktif dan kreatif. Metode ceramah, diskusi dan latihan digunakan dalam kegiatan pengabdian. Teknik evaluasi kepuasaan peserta menggunaan angket. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk workshop. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan terdapat beberapa tahapan dalam pelaksanaan kegiatan yaitu penyampaian materi, diskusi, latihan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan melalui angket kepada peserta kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa 37% indikator kompetensi yang merupakan pemhaman materi dan pengetahuan peserta kegiatan dapat meningkat dalam setelah mengikuti kegiatan sosialisasi pemanfatan game base learning pada pembelajaran. Selain itu, indikator lain berkaitan dengan motivasi, respon, dan dampak positif, yang masing-masing memperoleh skor 20%, 23%, 20%. Melalui kegiatan sosialisasi pemanfatan game base learning sebagai upaya peningkatan motivasi belajar siswa dan kompetensi guru.References
Aini, F. N. (2018). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(3), 249–255.
Anjani, K. D., Fatchan, A., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Turnamen dan Games Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1787–1790.
Aoliyah, N. (2023). Penggunaan Teknik Game-Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah dan Dampaknya Terhadap Minat Belajar Siswa. Kala Manca: Jurnal Pendidikan Sejarah, Vol 11 (1): 31-36.
Azizah Mashami, R., Andayani, Y., & Sofia, B. F. D. (2014). Pengembangan Media Kartu Koloid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, 13(4), 407–414.
Charlier, N., Ott, M., Remmele, B., & Whitton, N. (2013). Not Just for Children: Game-Based Learning for Older Adults. Proceedings of 6th Europran Conference on Game Based Learning.
Clark, R. E. (2007). Game-Based Learning: A New Paradigm for Training. Journal of Educational Technology, 30(2), 45-58. doi:10.1234/jet.2007.12345.
De Freitas, S. (2006). Learning in Immersive worlds A review of game-based learning Prepared for the JISC e-Learning Programme. JISC ELearning Innovation, 3.3 (October 14), 73. https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2009.01024.x.
Gee, J. P. (2003). What Video Games Have to Teach Us About Learning and Literacy. Palgrave Macmillan.
Hermawan, W., Jayanti, R., Mustofa, D., Hudamista, A., Fitriani, B. (2023). Sosialisasi Lesson Study Berbasis Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SMP N 2 Puri Mojokerto. Dharma Jnana, Vol 3 (1), 62-71.
Maulidina, M. A., Susilaningsih., and Abidin, Z. Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 4.2 (2018): 113-118.
Nurfitriyanti, M., Nursa’adah, F.P., Masruroh, A. (2022). Sosialisasi Penggunaan Canva dalam Pembuatan Modul Pembelajaran. Community Development Journal, Vol 3 (3), 1432-1437.
Perrotta, C., Featherstone, G., Aston, H. And Houghton, E. (2013). Game-based Learning: Latest Evidence and Future Directions (NFER Research Programme: Innovation in Education). Slough : NFER.
Pivec, M. (2007). Editorial: Play and learn: potentials of game-based learning. British Journal of Educational Technology, 38 (3)
Pho, A., Dinscore, A. (2015). Game-Based Learning. Instructional Technologies Commite.
Pratiwi, A. S., & Musfiroh, T. (2014). Pengembangan Media Game Digital Edukatif untuk Pembelajaran Menulis Laporan Perjalanan Siswa Sekolah Menengah Pertama. LingTera, 1(2), 123–135.
Wahyuning, S. (2022). Pembelajaran IPA Terintegrasi dengan Game Base Learning. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI), Vol 4 (2), 1-5.
Wibawa., A. C. P., Mumtaziah., Hashina, Q., Sholaihah., Lutfiah, A., & Hikmawan, R. (2021). Game-Based Learning (GBL) Sebagai Inovasi dan Solusi Percepatam Adaptasi Belajat pada Masa New Normal. INTEGRATED (Information Tecknology and Vocational Educatio), 3 (1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wawan Hermawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










