PELATIHAN PEMBUATAN ALAT EVALUASI HYBRID LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI WONDERSHARE QUIZ CREATOR BAGI GURU-GURU SMP IT NURUL HIKMAH KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12752Keywords:
Alat Evaluasi, Hybrid Learning, Wondershare Quiz CreatorAbstract
Berdasarkan hasil survey dan wawancara kepada guru-guru di SMP IT Nurul Hikmah Kab. Tanjung Jabung Timur didapatkan informasi bahwa sebagian guru masih banyak yang mengalami kesulitan dalam mengevaluasi pembelajaran, dikarenakan proses pembelajaran yang dilakukan secara hybrid, online dan tatap muka terbatas. Walaupun sebagian guru sudah mengetahui software apa saja yang dapat digunakan, tetapi belum semua guru mengetahui dan memahami menggunakan software wondershare quiz creator. Evaluasi pembelajaran sendiri merupakan hal penting yang harus guru ketahui, karena melalui evaluasi ini guru dapat mengetahui seberapa jauh tingkat pemahaman materi yang telah diajarkan dan seberapa jauh pencapaian hasil belajar peserta didik setelah melalui proses pembelajaran. Dengan pembelajaran yang dilakukan secara hybrid, penggunaan teknologi sangatlah diperlukan, namun pada kenyataannya tidak sedikit guru yang masih kesulitan dalam beradaptasi dengan menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan atau workshop ini bertujuan untuk membantu guru-guru SMP IT Nurul Hikmah Kab. Tanjung Jabung Timur yang mengalami permasalahan didalam mengevaluasi pembelajaran melalui pelatihan penggunaan wondershare quiz creator sebagai alat evaluasi pembelajaran siswa. Sehingga diharapkan setelah program pelatihan ini dilaksanakan, guru-guru tersebut dapat memahami, mengetahui serta dapat menggunakan software tersebut pada saat proses pembelajaran, sehingga guru dapat dengan mudah mengetahui proses perkembangan setiap siswa dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memiliki target secara langsung dapat membantu meningkatkan wawasan pengetahuan guru-guru SMP IT Nurul Hikmah di Kab. Tanjung Jabung Timur yang berjumlah 35 orang akan penggunaan teknologi serta menambah keterampilan guru-guru dalam mencipatakan dan menggunakan wondershare quiz creator sebagai media sekaligus alat untuk mengevaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan selama 3 hari dengan menggunakan metode pelaksanaan yang terstruktur. Dari kegiatan ini diperoleh respon guru-guru yang sangat baik dengan rata-rata 93,2 %. Dengan kata lain, hasil kegiatan ini memberikan respon positif dan antusias yang tinggi dari peserta.References
Khaldun, dkk. (2020). Pengembangan Soal Kimia Higher Order Thinking Skills Berbasis Komputer Dengan Wondershare Quiz Creator Materi Hidrolis Garam dan Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol 7 (2) : 132-142
Meryansumayeka, dkk. (2018). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator Pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 12 (1) : 30. ISSN : 1978-0044 | E-ISSN : 2549-1040
Mts, V., & Kebumen, N. (2020). Madaris: Jurnal Guru Inovatif. 2, 79–93.
Proborini, E. (2021). Evaluasi Pembelajaran Matematika Secara Daring Pada Siswa Kelas Vi Sd Karangturi. Intelligentes Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 2.
Wandini, A. S., & Lubis, F. Y. (2021). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran secara Daring pada Belajar dari Rumah (BDR) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Basicedu, 5(4), 1985–1997.
Arif Wiyat Purnanto dan Astuti Mahardika. “Pelatihan Pembuatan Soal Interaktif Dengan Program Wondershare Quiz Creator Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kota Magelang”, Warta LPM, Vol.XIX, No.2, 2017, hal 142
Joko maryanto (2019) , Pengembangan media evaluasi menggunakan wondersahare quiz creator mapel biologi di SMA Negeri Boyolali 1, diakses pada http://jokomaryanto.gurusiana.id /article/pengembangan-media-evaluasi-menggunakan-wondershare-quiz-creator-mapel-biologi-disma-negeri-1-boyolali-519435, tanggal 18 Maret 2022
Tejo Nurseto, “Membuat media pembelajaran yang menarik”, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol VIII, No.1, 2011, hal 20
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sufri Sufri, Wardi Syafmen, Roseli Theis, Feri Tiona Pasaribu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.