SOSIALISASI DAN PELATIHAN MENGENAI PEMBUKUAN SEDERHANA BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KECAMATAN KEMILING BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Hardini Ariningrum Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Malahayati
  • Apip Alansori Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Malahayati

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1472

Keywords:

Sosialisasi, Pembukuan Sederhana, Pelaku UMKM.

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu tumpuan perekonomian Indonesia. UMKM telah diakui sangat strategis dan penting tidak hanya bagi pertumbuhan ekonomi, tetapi juga untuk pembagian pendapatan yang merata karena peranannya yang sangat penting. Tetapi hanya sedikit UMKM yang mengalami perkembangan kinerja keuangannya. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman dari pelaku usaha terhadap pentingnya pembukuan. Dengan melakukan pembukuan maka akan semakin mudah untuk para pelaku usaha mengambil strategi jitu untuk meningkatkan pendapatan.Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan adalah untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan terhadap UKM di Kecamatan Kemiling yaitu mengenai pembukuan sederhana dalam menciptakan kesejahteraan bagi pelaku usaha. Pengabdian pada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan mengenai pembukuan sederhana bagi para pelaku usaha di Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Permasalahan utama yang akan dicarikan solusi melalui kegiatan ini meliputi aspek motivasi diri dan pemahaman terhadap keuangan. Kegiatan ini akan dilaksanakan dengan metode ceramah, praktek dan diskusi. Hasil Kegiatan pelatihan menunjukkan tanggapan yang sangat baik dari masyarakat dilihat dari motivasi dari para pelaku usaha untuk membuat pembukuan yang baik dan sistematis demi kemajuan dan kelangsungan usaha tersebut.

Author Biographies

Hardini Ariningrum, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Malahayati

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Malahayati

Apip Alansori, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Malahayati

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Malahayati

References

Haryani dan Djamil. (2019). Penyuluhan Teknik Pembukuan Sederhana Dan Aspek Permodalan Pkbl Bagi Ukm Cluster Tepung Tapioka, Kabupaten Bogor. Jurnal Abdimas, 1, 28–32.

Lubis dan Ovami. (2019). Pembukuan Sederhana Bagi Ibu Rumah Tangga Di Desa Ara Payung Kecamatan Pantai Cermin. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 513–516.

Noor et all. (2020). Pelatihan Tentang Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah Sebagai Upaya Pembekalan Keterampilan di Desa Tabing Rimbah Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala. Prosiding Hasil-Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat.

Wardiningsih, R., Wahyuningsih, B. Y., Sugianto, R., & Mataram, U. T. (2020). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha Kecil ( Mikro ) Di Dusun Bore Desa Kopang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2, 163–172.

Widiastuti, Santoso, & Anandha. (2018). Model Pembukuan Sederhana Ukm Bakso Semi Modern Di Wilayah Kota Semarang Simple Bookkeeping Model Smes Semi Modern Claster Bakso In The Semarang City Aprih Santoso Anandha. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 20(1), 16–29.

Downloads

Published

2021-02-24

How to Cite

Ariningrum, H., & Alansori, A. (2021). SOSIALISASI DAN PELATIHAN MENGENAI PEMBUKUAN SEDERHANA BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KECAMATAN KEMILING BANDAR LAMPUNG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 53–57. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1472