PENYULUHAN HUKUM TENTANG HAK MEREK BAGI UMKM DI DESA PEGUYANGAN KANGIN, DENPASAR

Authors

  • Cokorda Gede Swetasoma Universitas Ngurah Rai
  • I Gede Mahatma Yogiswara Winatha Universitas Ngurah Rai
  • Kadek Ary Purnama Dewi Universitas Ngurah Rai
  • I Ketut Satria Wiradharma Sumertajaya Universitas Ngurah Rai
  • I Wayan Saras Yudi Universitas Ngurah Rai
  • I Kadek Ardana Universitas Ngurah Rai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14283

Keywords:

Merek, perlindungan hukum, UMKM

Abstract

Perkembangan uhasa mikro kecil menengah (UMKM) terutama yang ada Provinsi Bali menunjukkan peningkatan jumlah yang signifikan. Hal tersebut dibuktikan melalui data dari Dinas Koperasi dan UMKM Bali, per bulan Mei Tahun 2022 tercatat kenaikan sebesar 6,4% dari tahun sebelumnya atau sejumlah 28.344 UMKM baru yang ada di Provinsi Bali. Dari banyaknya jumlah UMKM di Provinsi Bali yang semakin meningkat, ditinjau perlu diadakan penyuluhan mengenai pentingnya Hak Merek karena masyarakat khususnya di desa Peguyangan Kangin masih belum memahami hak Merek. Penyuluhan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat sejauh mana pemahaman masyarakat di desa Peguyangan Kangin tentang  hak merek dengan metode pelaksanaan penyuluhan adalah metode hukum bersifat kognitif dengan pendekatan workshop dan ceramah. Hasil dari penyuluhan ini menunjukan adanya kemajuan dari masyarakat pelaku usaha dimana yang sebelumnya kurang memahami tentang hak merek, kini menjadi paham akan pentingnya hak merek dan masyarakat pelaku usaha antusias untuk mendaftarkan mereknya

References

Budiman, Haris, et.al. (2019). Sosialiasi Hak Cipta Dan Hak Merek Pada Kelompok Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Sebagai Aset Bisnis Di Era Industri Kreatif (Sosialisasi Hak Merek dan Hak Paten Pada Masyarakat Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan). Empowernet:Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2 (2). 94-100.

Hartati Gultom, Meli. (2018). Perlindungan Hukum Bagi Pemegang Hak Merek Terdaftar Terhadap Pelanggaran Merek. Jurnal Warta Edisi: 56. DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.14

Kurnia, M., Djumali, D., & Istiqomah, I. (2017). Pengaruh Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Peralatan Olahraga Tenis Meja Oke Sport Di Kecamatan Wonosari. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 24(1). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/article/view/5561

Ramadhanty, Nadira. et. al. (2019). Akibat Hukum Tidak Didaftarkannya Merek Dagang Produk Kue Toko “Madame Patisserie”. Kertha Semaya: Jurnal Ilmu Hukum. 10(9). 814-826.

https://www.peguyangankangin.denpasarkota.go.id/ (diakses pada tanggal 12 Januari 2023).

https://www.peguyangankangin.denpasarkota.go.id/ (diakses pada tanggal 12 Januari 2023)

https://www.balipost.com/news/2022/07/21/281316/Gerakkan-Ekonomi-Bali,Potensi UMKM...html

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Indeks, Jakarta

Rosady Ruslan. (2003). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi, Rajawali Pers, Jakarta.

Downloads

Published

2023-04-26

How to Cite

Swetasoma, C. G., Winatha, I. G. M. Y., Dewi, K. A. P. ., Sumertajaya, I. K. S. W. ., Yudi, I. W. S. ., & Ardana, I. K. . (2023). PENYULUHAN HUKUM TENTANG HAK MEREK BAGI UMKM DI DESA PEGUYANGAN KANGIN, DENPASAR . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14283

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.