LITERASI SASTRA ANAK SEBAGAI SARANA PENINGKATAN MINAT BACA PADA MASYARAKAT DESA LEMAHMAKMUR KECAMATAN TEMPURAN, KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • Uah Maspuroh Universitas Singerperbangsa Karawang
  • Dewi Herlina Sugiarti Universitas Singerperbangsa Karawang
  • Dian Hartati Universitas Singerperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13994

Keywords:

Literasi, Minat Baca, Sastra Anak

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi persoalan yang terjadi di Desa Lemahmakmur, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang. Terdapat beberapa masalah yang dialami warga. Pertama, keresahan orang tua terkait minat baca anak yang sangat rendah. Kedua, penyalahgunaan kecanggihan teknologi oleh anak usia dini yang sebagian besar dimanfaatkan untuk bermain game online saja. Merujuk pada permasalah tersebut, pengabdian ini bertujuan untuk memberikan solusi dengan cara memberikan pengenalan literasi sastra anak di Desa Lemahmakmur. Hal ini dilakukan agar anak mengenal, membaca dan mencintai sastra sejak dini, sehingga terjadi peningkatan minat baca pada anak usia dini. maka solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan adalah dengan memberikan sarana literasi untuk anak usia dini dengan mengenalkan sastra anak. Metode pendekatan yang akan digunakan dalam rencana pengabdian masyarakat ini adalah menyediakan buku-buku bacaan yang sesuai dengan tingkatan usia anak-anak. Selain itu, dilakukan pendampingan oleh mahasiswa sebagai tutor tamu yang akan mendampingi aktivitas literasi. Penelitian dilakukan dalam empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat secara garis besar dianalisis berdasarkan beberapa komponen, yakni keberhasilan target jumlah peserta pelatihan, ketercapaian tujuan pengabdian, ketercapaian target materi yang telah direncanakan, kemampuan peserta dalam penguasaan materi. Secara keseluruhan kegiatan pengabdian pengenalan literasi sastra anak sebagai sarana peningkatan minat baca pada masyarakat Desa Lemahmakmur dapat disimpulkan sudah dilaksanakan dengan baik.

References

Abrams, M.H. 1981. A Glossary of Literary Terms. New york: Holt, Rinehart and Winston.

Aminuddin. 1987.Pengantar Apresiasi Karya Sastra.Bandung:Sinar Baru

Danandjaja, J. 2002. Folklor Indonesia Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta: Grafiti

Huck, Charlotte S. 1987. Children Literature in the Elementary School New York:Holt Rinehart.

Nurgiyantoro, B. 2012. Sastra Anak: Pengantar Dunia Anak. Yogyakarta: UGM Press

Sarumpaet, Riris K. Toha. 2012. “Struktur Bacaan Anak” dalam dalam Kreatif Menulis Cerita Anak. Bandung: Nuansa.

Sayekti, O. 2015. Trihayu Jurnal Pendidikan ke SD-an Vol. 2, Nomor 1, September 2015, hlm. 221-227. [diakses 15 Mei 2019]

Stewig, John Warren. 1980. Children and Literature. Chicago: Rand McNally College Publishing.

Syahrul, N. 2017. “Pembinaan dan Revitalisasi Budaya Literasi Melalui Pembelajaran Sastra Sejak Dini”, The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching, ISSN 2549-5607

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Maspuroh, U. ., Sugiarti, D. H. ., & Hartati, D. . (2023). LITERASI SASTRA ANAK SEBAGAI SARANA PENINGKATAN MINAT BACA PADA MASYARAKAT DESA LEMAHMAKMUR KECAMATAN TEMPURAN, KABUPATEN KARAWANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2068–2077. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13994

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.