PELATIHAN LITERASI VISUAL: MENGASAH KETERAMPILAN MEMIRSA BAGI ANAK-ANAK DI KOMPLEKS SARIWANGI CITY VIEW KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Daman Huri Universitas singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13977

Keywords:

Literasi Visual, Keterampilan Memirsa

Abstract

Pelatihan literasi visual merupakan salah satu cara yang efektif dalam mengasah keterampilan memirsa anak-anak. Melalui pelatihan ini, anak-anak dapat belajar mengamati, menganalisis, dan memahami media visual dengan lebih baik. Dalam artikel ini, akan dibahas masalah dalam pelatihan literasi visual, pelaksanaan pelatihan, serta evaluasi pelaksanaan pelatihan. Masalah dalam pelatihan literasi visual terletak pada rendahnya keterampilan memirsa anak-anak akibat kurangnya pemahaman konsep literasi visual dan kurangnya penggunaan media visual dalam pembelajaran. Pelaksanaan pelatihan literasi visual dapat dilakukan melalui langkah-langkah seperti menjelaskan konsep literasi visual, mengenalkan jenis-jenis media visual, melatih kemampuan observasi, membahas teknik-teknik analisis visual, mengajarkan penggunaan media visual dalam menyampaikan pesan, melakukan latihan praktik, dan melakukan evaluasi. Evaluasi pelaksanaan pelatihan dilakukan untuk mengevaluasi hasil dari pelatihan tersebut dan mengevaluasi apakah tujuan dari pelatihan sudah tercapai atau tidak. Dalam kesimpulan, pelatihan literasi visual dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengasah keterampilan memirsa anak-anak dalam menghadapi tuntutan perkembangan zaman.

References

Alvermann, D. E., Hagood, M. C., Heron-Hruby, A., & Hughes, P. (2017). A visual-literacy workshop for preservice teachers. Journal of Adolescent &

Buxton, W. & Willink, R. (2017). An exploration of the literacy demands of different visual representation types. Journal of Visual Literacy, 36(3), 153-172.

Dervin, B. (2017). Aims, Methods, and Pedagogies for Information Literacy: Past, Present and Future Research. Journal of Documentation, 73(1), 169-180. Doi: 10.1108/JD-09-2016-0117

Hestad, M. (2017). A Practical Guide to Evaluating Training Programs: Evaluating Impact and Calculating ROI. New York, NY: Routledge.

James, R. (2016). The Use of Information and Communication Technologies in Higher Education: A Study of Faculty Attitudes Towards ICT Adoption in Teaching. Journal of Educational Technology & Society, 19(3), 183-193.

Novitasari, Y., & Wulandari, I. S. (2020). Pengembangan Media Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Wahana Cipta, 3(1), 27-35.

Pohan, A. N., & Lubis, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Gambar Terhadap Keterampilan Memirsa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kreatif Tadulako, 8(1), 80-89.

Tsai, M. J., & Chai, C. S. (2012). The Roles of Emotion and Motivation on Students' Online Learning Achievement. Journal of Educational Technology & Society, 15(3), 413-424.

Wijaya, S., & Salim, N. (2020). Visual Literacy: Pengembangan Kemampuan Berpikir Visual dalam Membaca dan Menulis di Era Digital. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Huri, D. . (2023). PELATIHAN LITERASI VISUAL: MENGASAH KETERAMPILAN MEMIRSA BAGI ANAK-ANAK DI KOMPLEKS SARIWANGI CITY VIEW KABUPATEN BANDUNG BARAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2053–2058. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13977

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.