PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG DAN MOTIVASI BELAJAR

Authors

  • Dina Mayadiana Suwarma Universitas Pendidikan Indonesia
  • Misbahul Munir STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
  • Desna Ayu Wijayanti Universitas Muhammadiyah Karanganyar
  • Mauritz Pandapotan Marpaung Universitas Kader Bangsa Palembang
  • Pius Weraman Universitas Nusa Cendana
  • I Putu Agus Dharma Hita Universitas Triatma Mulya

Keywords:

Belajar, Siswa, Calistung, Motivasi

Abstract

Pendampingan belajar siswa untuk meningkatkan kemampuan calistung dan motivasi belajar merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Rumah Baca Loloan, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali pada bulan Desember 2022. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan calistung dan motivasi belajar siswa di daerah tersebut melalui pendampingan belajar yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai fasilitator. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendidikan masyarakat melalui penyuluhan dan pelatihan yang disertai dengan demonstrasi atau percontohan untuk menghasilkan keterampilan tertentu. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan kemampuan calistung dan motivasi belajar siswa, serta antusiasme peserta terhadap kegiatan pendampingan belajar. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa pendampingan belajar dapat meningkatkan kemampuan calistung dan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, kegiatan pendampingan belajar dapat menjadi alternatif solusi dalam meningkatkan kemampuan calistung dan motivasi belajar siswa di daerah terpencil seperti Kabupaten Jembrana. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah melibatkan lebih banyak siswa dalam kegiatan pendampingan belajar dan melakukan penelitian yang lebih mendalam untuk mengevaluasi efektivitas kegiatan tersebut. Hasil dari kegiatan ini juga dapat dijadikan referensi bagi penelitian lanjutan terkait dengan pendampingan belajar dan peningkatan kemampuan calistung dan motivasi belajar siswa.

References

Ary, D., Jacobs, L. C., & Razavieh, A. (2002). Introduction to research in education. Thomson Wadsworth.

Djamarah, S. B. (2008). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Fardani, A. F., & Hamzah, M. (2021). Partisipasi Aktif dalam Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 7(1), 52-58.

Hidayat, J., & Setiawan, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Calistung dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendampingan Orang Tua dan Guru. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 103-109.

Luturmas, Y. (2022). Religion, Customs, and Village Government in Collaborating the Pillars of Rural Development. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 2(4), 440-447.

Luturmas, Y., & Luturmas, R. (2022). Pelayanan Publik Di Masa Covid-19. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Nasution, S. (2010). Berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar. PT Bumi Aksara.

Setyawan, A., & Arfianto, D. (2019). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Calistung Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 1(1), 6-12.

Siti, R., Hartati, S., & Suardiman, S. P. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Pendampingan Belajar Siswa pada Siswa Kelas V SDN Kramat II Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 73-80.

Sunarsih, & Setyosari, P. (2019). Pengaruh Pendampingan Belajar Orang Dewasa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Progresif, 9(2), 157-165.

Tannady, H., Luturmas, Y., Miftahorrozi, M. ., Bilgies, A. F. ., & Putra, M. U. M. . (2022). Analisis Peran Team Work Dan Team Communication Terhadap Performa Karyawan Perusahaan Pialang Perdagangan Berjangka. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 2975–2986.

Wahab, . A., Sari, A. R. ., Mitra Zuana, M. M. ., Luturmas, Y. ., & Kuncoro, B. . (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Sebagai Strategi Dalam Menuju Pembelajaran Imersif Era 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4644–4653.

Widyastuti, I., & Nugroho, A. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pendampingan Orang Tua di SDN Teratai 1 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 111-116.

Downloads

Published

2023-03-19

How to Cite

Suwarma, D. M. ., Munir, M. ., Wijayanti, D. A. ., Marpaung, M. P. ., Weraman, P. ., & Hita, I. P. A. D. . (2023). PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG DAN MOTIVASI BELAJAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13044