SOSIALISASI PEMANFAATAN MARKETPLACE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DESA RINDU HATI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Authors

  • Vika Fitranita Universitas Bengkulu
  • Fadli Fadli Universitas Bengkulu
  • Isma Coryanata Universitas Bengkulu

Keywords:

Marketplace, UMKM

Abstract

Tujuan pelaksanaan pengabdian ini adalah memberikan pengenalan kepada UMKM Desa Rindu Hati mengenai transaksi jual beli dengan penggunaan marketplace,Memberikan pengetahuan serta pengalaman kepada masyarakat terhadap kemudahan transaksi didalam marketplace, memberikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa memasarkan produk dengan menggunakan media marketplace dapat menjadi Langkah sebagai upaya memperkenalkan produk kopi petik merah secara luas, peningkatan pendapatan dan daya saing. Sebelum kegiatan pengabdian berlangsung dilakukan diskusi terlebih dahulu dengan perangkat desa Rindu Hati terkait dengan permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha yang dituangkan dalam bentuk materi pelatihan yang diselenggarakan oleh Dosen Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu. Bentuk kegiatan pengabdian ini yaitu pelatihan berbagai materi terkait dengan pemanfaatan marketplace dengan dihadiri 50 peserta kegiatan yang merupakan pelaku usaha pada Desa Rindu Hati, Bengkulu Tengah. Dalam pelaksanaan materi pelatihan, disisipkan praktek bagaimana cara mendaftarkan diri hingga memasarkan produk usaha. Selanjutnya untuk lebih memantapkan materi disesi terakhir dibuka tanya jawab dan diskusi dan pendampingan untuk pelaku usaha mendaftarkan diri pada marketplace teersebut.. Saran dari kegiatan ini adalah perlu adanya pendampingan lanjutan dilapangan dan kontrol pelaksanaan terkait kegiatan pemanfaatan marketplace.

References

Nurhidayat, L. T. (2020, april 04). Pengaruh Covid-19 Terhadap Pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Yessilia Osira, E. S. (2019). Peningkatan Kapasitas Masyarakat Desa Rindu Hati Dalam. Dharma Raflesia Unib Tahun XVII, Nomor 2 Desember 2019, 7-13.

yong, d. (2018, Desember). Retrieved from https://ctzonedehasenbkl.com/robusta-rindu-hati-kopi-petik-merah-unggulan-bengkulu/

(2018). Retrieved from https://pedomanbengkulu.com/2018/08/cetuskan-inovasi-baru-produksi-kopi-unggulan

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Fitranita, V. ., Fadli, F., & Coryanata, I. . (2023). SOSIALISASI PEMANFAATAN MARKETPLACE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DESA RINDU HATI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1165–1171. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/12985

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.