PENDAMPINGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING UMKM DESA SRATEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27391Keywords:
Digital, Marketing, UMKMAbstract
Program kerja pendampingan UMKM ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM di Desa Sraten dengan menggunakan pemasaran media sosial. Selain itu, program kerja lainnya berkaitan dengan rebranding produk, dan pengelolaan keuangan usaha. Mitra dari pendampingan ini ada tiga yaitu, UMKM Nata De Coco, UMKM Pawon Lumintu, dan UMKM Sajian Rasa Dapur Bu Harni. Dalam pendampingan ini, dilakukan pembahuruan bisnis secara digital dengan media sosial, memberikan pendampingan dalam rebranding produk, serta pelatihan pengelolaan keuangan kepada pemilik UMKM. Hasil dari program kerja memberikan dampak positig bagi mitra, dimana dengan adanya pendampingan dan pendampingan dapat mengubah cara mitra dalam memasarkan produknya. Mitra juga dapat menerapkan materi-materi yang sudah disampaikan oleh mahasiswa.References
Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981
Arif Pratama Marpaung, Muhammad Shareza Hafiz, Murviana Koto, & Wulan Dari. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. Prosiding Seminar Kewirausahaan, 2(1), 294–300.
Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), 117–120.
Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 3(2), 77. https://doi.org/10.32493/jls.v3i2.p77-85
Istifadhoh, N., Wardah, I., & Stikoma, T. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Pelaku Usaha Batik Ecoprint. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 147–152.
Mulya, D. Y., Suwondo, A., & Setyaningsih, Y. (2021). Kajian Pustaka Pemberian Sport Massage dan Stretching Terhadap Pemulihan Kelelahan Otot dan Kadar Asam Laktat Pada Atlet. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(1), 79–86. http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm
Produk, P., & Masa, P. (2021). Pelatihan Umkm Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6–13. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3602
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Robianto, A., Tangkudung, A., & Musa, M. (2023). Perbandingan Hasil Kemampuan Biomotorik Pada Cabang Olahraga Bola Basket dan Bola Tangan. Ilmiah Sport Coaching and Education, 7(1), 50–57.
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Roy Try Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.