SOCIOPRENEURSHIP CONCEPT DAN STORYNOMIC TOURISM SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN EKONOMI WISATA KAPAL BOSOK SERANG

Authors

  • Vadilla Mutia Zahara Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Cep Jandi Anwar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Stannia Cahaya Suci Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rah Adi Fahmi Ginanjar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12357

Keywords:

Sociopreneurship Concept, Storynomic Tourism, Ekonomi Wisata

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk pengembangan dan optimalisasi objek wisata budaya Monumen Kapal Bosok Curugmanis Kota Serang yang mulai mengalami penurunan dikarenakan dampak lockdwn selama pandemi Covid-19 serta dikarenakan ketidaktahuan masyarakat tentang keberadaan objek wisata ini. Salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan metode sociopreneurship concept, yaitu melakukan kolaborasi dan sinergitas antar masyarakat desa, perangkat desa serta akademisi untuk menyelenggarakan kewirausahaan sosial untuk meningkatkan keterampilan, menemukan usaha baru serta melakukan inovasi produk yang sesuai dengan pasar seperti pelatihan pembuatan souvenir/oleh-oleh, melakukan inovasi dan diversifikasi produk pangan. Hal ini semata-mata bukan hanya mencari profit atau nilai tambah ekonomis, akan tetapi dapat menciptakan masyarakat yang memiliki skill baru untuk nantinya dapat dimanfaatkan baik untuk diri sendiri maupun masyarakat sekitar objek wisata. Selanjutnya digunakan pula metode storynomic tourism sebagai solusi terkait permasalahan penurunan jumlah wisatawan. Metode ini kembali populer sejak adanya pandemi Covid-19, metode ini mulai digunakan Kemenparekraf Indonesia sebagai sebuah strategi baru untuk mempromosikan pariwisata dan akan dikembangkan di 244 desa wisata di Indonesia yang melibatkan komunitas lokal, BUMDes dan masyarakat, dengan metode ini objek wisata dapat diangkat melalui cerita budaya, mitos, sejarah dan sebagainya yang dituangkan dalam bentuk video cerita terkait sejarah asli objek wisata tersebut, sehingga diharapkan nantinya wisatawan tertarik untuk berkunjung berdasarkan cerita budayanya.

References

Ariwibowo, P., Priyono, P., & Yulanda, N. (2019). Penerapan Socialpreneurship Dalam Pengembangan Kualitas Potensi Hidup Pada Anak Jalanan Di Jakarta Timur. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 7. https://doi.org/10.30997/qh.v5i1.1648

BAPPEDA. (2019). Kajian Pengembangan Pariwisata Melalui Pemanfaatan E-Commerce Di Provinsi Banten.

BPS. (2019). Kecamatan Curug Dalam Angka.

Dewi, I. K., & Fitriani, D. R. (2020). Storynomic As Marketing Strategy Of Telaga Sarangan Magetan. International Journal of Science, Technology & Management, 1384–1393.

Dinas Pariwisata Provinsi Banten. (2019). Pariwisata Banten Dalam Angka. https://dmsppid.bantenprov.go.id/upload/dms/52/buku-pbda-2019-final.pdf

Kartika, T., & Riana, N. (2020). Storynomics Tourism as an Effective Marketing Strategy on Tourism Destination (Case Study on Tangkuban Parahu, West Java-Indonesia). Tourism and Sustainable Development Review, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.31098/tsdr.v1i1.8

Kurniawan, F. (2018). Sociopreneurship Masyarakat Gusuran Dalam Membangun Konsep Kampung Wisata Tematik Topeng Malangan. Jurnal.Uns.Ac.Id, 2(2), 35–48. https://jurnal.uns.ac.id/dmjs/article/view/27920

Pamungkas, S. (2021). Memanfaatkan Cerita Rakyat Sebagai Kekuatan Branding Promosi Objek Wisata Sentono Gentong Pacitan. 6, 73–76.

Suyatna, H., & Nurhasanah, Y. (2018). Sociopreneurship Sebagai Tren Karir Anak Muda. Jurnal Studi Pemuda, 6(1), 527. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.38011

Wulan, V. R., & Hermanto, A. (2019). Sociopreneurship Business Incubator Design Based On Information Technology As an Innovative Solution for Enhancing Community Welfare. IJEBD (International Journal Of Entrepreneurship And Business Development), 2(2), 240–254. https://doi.org/10.29138/ijebd.v2i2.749

Yasir, Y., Heltonika, B., Firdaus, M., Ismandianto, I., & Salam, N. E. (2021). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Kawasan Wisata Minapolitan di Desa Petalongan Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 416–427. http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/765

Downloads

Published

2023-02-17 — Updated on 2023-02-18

Versions

How to Cite

Zahara, V. M. ., Anwar, C. J. ., Suci, S. C., & Ginanjar, R. A. F. . (2023). SOCIOPRENEURSHIP CONCEPT DAN STORYNOMIC TOURISM SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN EKONOMI WISATA KAPAL BOSOK SERANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 520–527. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12357 (Original work published February 17, 2023)