PELATIHAN PENJUALAN TERHADAP PELAKU UMKM DI KECAMATAN BUNGUS TELUK KABUNG KOTA PADANG

Authors

  • Awalul Khairi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Jimmy Novrianto Sharma Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Usman Usman Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12354

Keywords:

Inovasi; Pelaku UMKM; Peningkatan Penjualan

Abstract

Bisnis UMKM saat ini menopang lebih dari 90 persen perekonomian Indonesia. Namun usaha UMKM masih mempunyai banyak kendala terutama dalam inovasi penjualan, ini disebabkan sebagian besar UMKM kurang mempelajari dan diskusi yang cukup mendalam mengenai hal tersebut. Di sisi lain pelaku UMKM telah memiliki cukup banyak pengalaman dalam dunia usaha sehingga jika diberikan pemahaman tentang inovasi penjualan maka pelaku UMKM dapat langsung mengaplikasikan ilmu tersebut pada usaha mereka. Saat ini bisnis yang mampu bertahan adalah bisnis yang selalu berinovasi mengikuti perkembangan zaman. Dalam bisnis mereka yang mampu bertahan dalam persaingan bukan hanya mereka yang kuat namun juga yang paling mampu beradapatasi. Contohnya dapat kita lihat pada produsen telepon genggam Nokia yang begitu merajai bisnis telepon genggam selama puluhan tahun harus gulung tikar karena tidak adaptif terhadap perkembangan zaman.Melihat kondisi tersebut, kami Dosen UPI-YPTK Padang berinisiatif untuk melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka berbagi ilmu yang kami miliki kepada pelaku UMKM di Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Diharapkan dengan kegiatan PKM ini dapat meningkatkan kemampuan berinovasi pelaku UMKM di lokasi kegiatan sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian di daerah tersebut.

References

Cenadi, C. S. (2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran dari NIRMANA. Jurnal Ilmu Komunikasi Visual, 2 (1): 92-103

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga :Jakarta.

Kotler, Keller. (2012). Marketing Management, 14th, Pearson Education.

Rahman, Moch. Aulia. (2014). Inovasi Produk Prol Tape pada UD. Primadona Jember. Skripsi Jurusan Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Sari, Ayu Nita. (2012). Inovasi Desain Kemasan Lempok Durian Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Umur Simpan Dan Daya Jual Produk di Kalimantan Selatan dari Prestasi. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 1 (2): 118-127

Sekaran, U. (2014). Research Methods For Busines (edisi 4). Erlangga : Jakarta.

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Gramedia Cawang : Jakarta.

Wijaya, Marcellina Nadia, Marcelina dan Harjanti, Dhyah. (2015). Analisa Deskriptif

Inovasi Pada Ron’s Laboratory Surabaya dari AGORA. Jurnal Manajemen Bisnis, 3 (1): 587-594

Downloads

Published

2023-02-17 — Updated on 2023-02-17

Versions

How to Cite

Khairi, A. ., Sharma, J. N. ., & Usman, U. (2023). PELATIHAN PENJUALAN TERHADAP PELAKU UMKM DI KECAMATAN BUNGUS TELUK KABUNG KOTA PADANG . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 508–513. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12354