PENINGKATAN PEREKONOMIAN DESA MELALUI PEMBERDAYAAN UMKM DAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING

Authors

  • Evi Dwi Wahyuni Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ivvan Febryan Universitas Muhammadiyah Malang
  • Dhea Oktaviani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Andy Putra Universitas Muhammadiyah Malang
  • Rakha Pradana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Agus Aulia Universitas Muhammadiyah Malang
  • Vinna Rahmayanti Universitas Muhammadiyah Malang
  • Denar Regata Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12207

Keywords:

UMKM, Industry, Digital Marketing

Abstract

UMKM mampu menjadi stabilisator dan dinamisator perekonomian Indonesia. Sebagai negara berkembang, Indonesia sangat penting memperhatikan UMKM, disebabkan UMKM mempunyai kinerja lebih baik dalam tenaga kerja yang produktif, meningkatkan produktivitas tinggi, dan mampu hidup di sela-sela usaha besar. Posisi UMKM dalam perekonomian nasional memiliki peran penting dan strategis. Kondisi ini sangat dimungkinkan karena keberadaan UMKM cukup dominan dalam perekonomian Indonesia. UMKM menyiratkan bahwa terdapat potensi yang besar atas kekuatan domestik, jika hal ini dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik tentu akan mewujudkan usaha yang tangguh, namun di sisi lain UMKM juga masih dihadapkan pada masalah mendasar yang secara garis besar mencakup sulitnya akses UMKM pada pasar atas produk yang dihasilkan. UMKM industri di Desa Bumiaji pun menghadapi kendala terkait pemasaran dari hasil produksi yang cukup beragam. Salah satu solusi yang dapat di implementasikan adalah dengan adanya pemanfaatan digital marketing untuk meningkatkan perekonomian UMKM. Tujuan  dari  pengabdian  masyarakat ini adalah  untuk  membantu  UMKM  industri di  Desa Bumiaji Kota Batu dalam  peningkatan  omset melalui  penggunaan  digital marketing.

References

Yuli Rahmini Suci, “Usaha Mikro, Kecil dan Menengah,” UU No. 20 Tahun 2008, no. 1, pp. 1–31, 2008.

S. A. Wijaya, J. Pudjowati, and A. Fattah, “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Terhadap Tingkat Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Sidoarjo,” Bharanomics, vol. 1, no. 1, pp. 25–37, 2020, doi: 10.46821/bharanomicss.v1i1.14.

S. Maulida and A. Yunani, “Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dari Berbagai Aspek Ekonomi,” J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 181–197, 2017.

A.?: Jurnal and A. Bisnis, “Bambang Arianto,” Pengemb. UMKM Digit. di Masa Pandemi Covid-19, vol. 6, pp. 1–16, 2020.

A. N. Wogo, “Penggunaan Instagram Dan Facebook Sebagai Media Sahabat Ponsel Duta Mall Banjarmasin,” J. Komun., 2020, [Online]. Available: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/3517/1/ARTIKEL AFRA NIO WOGO.pdf

S. Sarfiah, H. Atmaja, and D. Verawati, “UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa,” J. REP (Riset Ekon. Pembangunan), vol. 4, no. 2, pp. 1–189, 2019, doi: 10.31002/rep.v4i2.1952.

Downloads

Published

2023-02-16 — Updated on 2023-02-16

Versions

How to Cite

Wahyuni, E. D. ., Febryan, I. ., Oktaviani, D. ., Putra, A. ., Pradana, R. ., Aulia, A., … Regata, D. . (2023). PENINGKATAN PEREKONOMIAN DESA MELALUI PEMBERDAYAAN UMKM DAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 467–474. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12207

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.