Sosialisasi Pendampingan Pembuatan Media Evaluasi Digital Menggunakan Aplikasi Quizwhizzer di SDI Miftahul Huda Kabupaten Tulungagung

Authors

  • Nugrananda Janattaka Universitas Bhinneka PGRI
  • Eka Yuliana Sari Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12073

Keywords:

sosialisasi, evaluasi, Quizzwhizzer

Abstract

Perkembangan teknologi juga membuat perubahan dalam berbagai bidang termasuk pendidikan. Peranan media digital saat ini sedang ditingkatkan pada semua jenjang pendidikan. Salah satu program Kemendikbudristek dalam memajukan TIK adalah dengan membuat program Pembatik (Pembelajaran Berbasis TIK). Berdasarakan hasil analisis situasi, berupa observasi dan wawancara di SDI Miftahul Huda, dapat disimpulkan bahwa para guru di SDI Miftahul Huda  masih belum berinovasi dengan peranan teknologi dalam pembelajaran, mereka masih memanfaatkan WAG saja untuk penggunaan teknologi. Dari hasil analisis situasi tersebut, dibentuklah TIM PKM Universitas Bhinneka PGRI untuk memberikan Sosialiasasi Pendampingan Pembuatan Evaluasi Interaktif Menggunakan Quizwhizzer. Tujuan dari sosialisasi pendampingan ini adalah memperkenalkan alat bantu pendidikan digital untuk guru guru di SDI Miftahul Huda  agar memiliki banyak variasi media sehingga bisa membuat pembelajarn lebih kreatif dan inovatif sesuai perkembangan pada abad 21.

References

Alabdulaziz, Mansour Saleh. 2021. “COVID-19 and the Use of Digital Technology in Mathematics Education.” Education and Information Technologies 26(6):7609–33. doi: 10.1007/s10639-021-10602-3.

Budiana, Irma. 2022. “Menjadi Guru Profesional Di Era Digital.” JIEBAR?: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research 2(2):144–61. doi: 10.31000/cswb.v2i1.6889.

Dahlstrøm, Camilla. 2012. “Impacts of Gamification on Intrinsic Motivation.” Education and Humanities Research 1–11.

Dichev, Christo, and Darina Dicheva. 2017. Gamifying Education: What Is Known, What Is Believed and What Remains Uncertain: A Critical Review. Vol. 14. International Journal of Educational Technology in Higher Education.

History, Article. 2022. “PRIMARY?: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR VOLUME 11 NOMOR 6 DESEMBER 2022 PENGEMBANGAN MEDIA GAME INTERAKTIF ELEKTRONIK DEVELOPMENT OF QUIZWHIZZER-BASED ELECTRONIC INTERACTIVE GAME MEDIA IN AN ATTEMPT FOR THE ENVIRONMENTAL CONSERVATION SUB- THEME PRI.” 11:1996–2006.

Kusuma, Gede Putra, Evan Kristia Wigati, Yesun Utomo, and Louis Khrisna Putera Suryapranata. 2018. “Analysis of Gamification Models in Education Using MDA Framework.” Procedia Computer Science 135:385–92. doi: 10.1016/j.procs.2018.08.187.

Najib, Muhammad Ainun, Binti Maunah, Uin Sayyid, and Ali Rahmatullah Tulungagung. 2022. “Inovasi Pendidikan Di Era Digital (Studi Pelaksanaan Pembelajaran Di Jenjang Sd-Smp Kabupaten Tulungagung).” TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 10(1):1–17.

Ngongo, Verdinandus Lelu, Taufiq Hidayat, and Wijayanto. 2019. “Pendidikan Di Era Digital.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang 2:999–1015.

Septiani, Anggita, and Apri Utami Parta Santi. 2022. “Pengaruh Aplikasi Quizwhizzer Terhadap Minat Belajar Siswa Kela

Downloads

Published

2023-02-03

How to Cite

Janattaka, N. ., & Sari, E. Y. . (2023). Sosialisasi Pendampingan Pembuatan Media Evaluasi Digital Menggunakan Aplikasi Quizwhizzer di SDI Miftahul Huda Kabupaten Tulungagung. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 154–158. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12073

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.