PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA MELALUI KEGIATANWORKSHOP PENULISAN KARYA ILMIAH DI SMAN 1 WANAYASA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.11892Keywords:
Keterampilan menulis, karya ilmiah, siswaAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa di SMAN 1 Wanayasa yang dilakukan dengan mengadakan kegiatan workshop penulisan karya ilmiah. Hal ini didasari pada masalah masih rendahnya minat siswa dalam menulis karya ilmiah. Dalam berbagai kompetisi penulisan karya ilmiah masih jarang siswa-siswa di SMAN 1 Wanayasa ikut terlibat aktif. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian deskriptif-kuanitatif dimana metode pengabdian menggunakan pendekatan mix method dengan desain Participatory Action Research (PAR). Pertama melakukan pengamatan atas masalah yang terjadi, kedua yaitu menganalisa masalah yang terjadi di SMAN 1 Wanayasa dan diikuti langkah selanjutnya secara sistematis dengan melakukan tindakan berupa penyusunan materi kegiatan workshop penulisan karya ilmiah di SMAN 1 Wanayasa dan selanjutnya mengamati peningkatan siswa dalam keterampilan menulis. Dengan adanya kegiatan workshop penulisan karya ilmiah yang dilakukan di SMAN 1 Wanayasa, kemampuan dan keterampilan siswa SMAN 1 Wanayasa mengalami peningkatan dalam penulisan karya ilmiah, hal ini ditandai dengan peningkatan keterampilan siswa dalam menulis karya ilmiah siswa SMAN 1 Wanayasa.References
Ahsin, M. N. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dan Metode Quantum Learning [Improving Narrative Writing Skills Using Audiovisual Media and Quantum Learning Methods]. Refleksi Edukatika, 6(2), 158–171.
Kebudayaan, K. P. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan, Badan Penelitian Dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. (2018). UNIVERSITAS NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO.
Putra, C. A., Setiawan, M. A., Jailani, M., Permadi, A. S., & Palangkaraya, U. M. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 311–320.
Resnani, R. (2016). Penggunaan Teknik Menulis Semi Terpimpin Untukmeningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 27 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 248–254.
Rohani, S. (2020). Faktor-Faktor Rendahnya Kemampuan Siswa Dalam Membaca Dan Menulis Kelas Iv Di Sdn 85 Kota Lubuk Linggau. Jurnal Skripsi, 17–18.
Rosmiati, A. (2017). Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. ISI Press.
Sugiaryo, J. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Dengan Metode Hypnoteaching. 9(11), 1–9.
Wulandari, D. (2022). Analysis of The Reading Interests of Students STAI Dr . Khez Muttaqien. 1(2), 288–295. https://doi.org/10.51773/icobba.v1i2.91
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dyah Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.