PENYULUHAN PENDIDIKAN KARAKTER KEPADA PARA GURU SMP KOTA BEKASI

Authors

  • Lusiana Wulansari Program Studi Bmbingan Konseling, FIPPS, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Maria Cleopara Program Studi Informatika, FTIK, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Sara Sahrazad Program Studi Bmbingan Konseling, FIPPS, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Lidya Natalia Sartono Program Studi Informatika, FTIK, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Sigit Widiyarto Program Studi Pendidikan Ekonomi, FIPPS, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1178

Keywords:

Penyuluhan, Pendidikan, Karakter.

Abstract

Karakter merupakan nilai- nilai kebajikan yang harus dipunyai oleh para siswa , agar dapat mencapai tujuan idupnya kelak. Penyuluhan ini dirasakan penting, sebab masih banyak karakter menyimpang yang dilakukan oleh anak dibawah umur. Baik itu nilai – nilai kesusilaan dan moral. Tujuan penyuluhan ini, untuk meningkatkan dan memperkuat pola pendidikan karakter pada guru SMP. Pendidikan karakter ini akan di ajarkan kepada para siswa SMP. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah metode tanya jawab dan presentasi serta pendampingan. Kegiatan ini diikuti oleh 16 guru bidang studi dan staf tata usaha sebanyak 4 orang. Kegiatan dilakukan dengan “new normal†dimana diterapkan “protocol “ kesehatan yang ketat, agar pelaksanaan berjalan dengan baik dan aman. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berlangsung dari bulan Agustus sampai dengan Nopember 2020. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru dapat memahami pola pengajaran karakter , dan dapat melaksanakan metode dengan baik. Pola pengajaran yang bertumpu pada karakter, maka para siswa mau mencontoh kepada para guru.

Author Biographies

Lusiana Wulansari, Program Studi Bmbingan Konseling, FIPPS, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Program Studi Bmbingan Konseling, FIPPS, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Maria Cleopara, Program Studi Informatika, FTIK, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Program Studi Informatika, FTIK, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Sara Sahrazad, Program Studi Bmbingan Konseling, FIPPS, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Program Studi Bmbingan Konseling, FIPPS, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Lidya Natalia Sartono, Program Studi Informatika, FTIK, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Program Studi Informatika, FTIK, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Sigit Widiyarto, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FIPPS, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Program Studi Pendidikan Ekonomi, FIPPS, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

References

Ati, A. P., Cleopatra, M., & Widiyarto, S. (2020). Strategi Pembelajaran dan Pengajaran

Menulis Bahasa Indonesia: Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. PROSIDING SAMASTA.

Sukiyani, F. (2014). Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu

Sosial, 11(1).

Sunarmintyastuti, L., Suprapto, H. A., Sandiar, L., Leksono, A. W., & Widiyarto, S.

(2020). Penyuluhan Kewirausahaan Dan Pemberdayaan Siswa Yatim Piatu Di Ciputat Tangerang Selatan Banten. Abidumasy Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 24-29.

Sunarmintyastuti, L., & Suprapto, H. A. (2020). Pengembangan SDM Melalui Minat

dan Motivasi Santriwati pada Yayasan Taufidzul Qur’an Ar-Rahmani di Ciputat Tangerang Selatan. JURNAL ILMIAH WAHANA PENDIDIKAN, 6(2), 104-109.

Supandi, A., Sahrazad, S., Wibowo, A. N., & Widiyarto, S. (2020). Analisis

Kompetensi Guru: Pembelajaran Revolusi Industri 4.0. PROSIDING SAMASTA.

Hadi, S., Puspita, F., Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Penyuluhan Dan Pembelajaran

Karakter Melalui Pelaksanaan Idul Adha Pada Siswa Sma. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 205-210.

Maunah, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik

siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).

Sunarmintyastuti, L., Suprapto, H. A., Sandiar, L., Leksono, A. W., & Widiyarto, S. (2020).

PENYULUHAN KEWIRAUSAHAAN DAN PEMBERDAYAAN SISWA YATIM PIATU DI CIPUTAT TANGERANG SELATAN BANTEN. ABIDUMASY Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 24-29.

Suprapto, H. A. (2018). PELATIHAN Pembuatan Proposal Rencana Bisnis (Business

Plan) Bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Dan Smp Al-Ihsan Guna Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha. Abdimas Siliwangi, 1(2), 81-88.

Vernia, D. M., Widiyarto, S., Wulansari, L., & Rusdi, M. (2018). Penyuluhan Dalam

Meningkatkan Partisipasi Program Dana Desa. Prosiding Sembadha, 1(1), 72-78.

Vernia, D. M., Widiyarto, S., Narsih, D., & Tiwinyanti, L. (2020). Sosialisasi Dan

Pembekalan Strategi Pemasaran Produk Olahan Pisang Pada Siswa Pondok. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 125-128.

Widiyarto, S., Wulansari, L., & Hasanusi, F. S. (2020). Pelatihan “English

Communicative†Guna Mempersiapkan SDM Berkualitas dan “Competitiveâ€. Intervensi Komunitas, 1(2), 125-131.

Widiyarto, S., Narsih, D., Ati, A. P., Vernia, D. M., & Alifah, S. (2020). Pelatihan Pajak

PPh 21 Dalam Rangka Membangun Kesadaran Pajak Pada Siswa SMK Bangun Persada Bekasi. Intervensi Komunitas, 2(1)

Zakaria ,Y.(2010 ) Peningkatan Proses Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Sea Digital

Class Menggunakan Edmodo Dan Webex (Studi Kasus : Smk Informatika Al-Irsyad,Skripsi Sekolah tinggi Informasi dan manajam

Downloads

Published

2020-11-28

How to Cite

Wulansari, L., Cleopara, M., Sahrazad, S., Sartono, L. N., & Widiyarto, S. (2020). PENYULUHAN PENDIDIKAN KARAKTER KEPADA PARA GURU SMP KOTA BEKASI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 447–451. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1178