PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI IBU-IBU DI WAROPEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.10192Keywords:
Kewirausahan Meningkatkan Kemampuan, Biaya Dan PemasaranAbstract
Kegiatan Pengabdian Masyarakat berjudul : Pelatihan Kewirausahaan bagi Ibu-Ibu di Kab.Waropen, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas maupun kopentensi dari ibu-ibu di bidang wirausaha khusunya kemapuan menghitung biaya produksi dan pemasaran produk-produk yang telah dihasilkan berupa, Kripik, Sambal dari Kerang, tepung sagu dan beberapa broduk lainnya, pelatihan ini dilakukan karena para ibu-ibu yang berada di kabupaten waropen mengalami kesulitan dalam menentukan harga jual produk yang berdasarkan biaya produk yang terdiri dari biaya bahan baku dan biaya overhet, selain itu para ibu-ibu juga mengalami kesulitan dalam memasarkan produ-produk kuliner yang telah dihasilkan, baik di pasar lokal, pasar moderen dan pemasaran produk secara online (e-commerce)melalui media-media sosial dan platfrom. Dengan dilakukannya pelatihan tersebut selama seminggu dan kini para ibu-ibu telah memiliki kemampuan untuk menghitung baiya produksi, sehingga para ibu-ibu sudah bisa menetapkan harga jual produk berdasarkan biaya. Ibu-ibu juga sudah melakukan pemasaran produk secara online dan ofline.References
Abdullah, T. dan Tantri, F. 2012. Manajemen Pemasaran. PT. Rajagrafindo Persada, Depok.
Ayu, D.H.T. 2015. Pengertian, Unsur dan Tujuan Biaya Produksi. [Internet]. [Diakses pada tanggal 5 September 2019]. Tersedia pada: https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/dhanatsr/pengertian-unsur-dan-tujuan-biaya-produksi_56406be1727a61d606048be2.
Budiman, J.J., Ilat, V., dan Mawikere, L.M. 2019. Analisis Penentuan Biaya Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costing Untuk Menentukan Harga Jual Pada PT. Blue Ocean Grace International. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern 14(1), 122-129.
Chaniago, H. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga pada Loyalitas Konsumen Nano Store. International Journal Administration, Business and Organization, 1(2), 2020.
Syarief, F. (2020). Pengembangan Dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Yayasan Barcode. Makassar
Downloads
Published
Versions
- 2022-12-14 (2)
- 2022-11-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Moses Yomungga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.