PERAN PSIKOLOGI DALAM KONSEP TEKNIK DASAR BOLA TANGAN

Authors

  • Raffly Henjilito Universitas Islam Riau
  • Racmayati Eka Safitri Universitas Islam Riau
  • Ahmad Yani Universitas Islam Riau
  • Insani Zikri Universitas Islam Riau
  • Yola Yolanda Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.10037

Keywords:

Bola Tangan, Peran Psikologi

Abstract

Siswa SD 001 Empat Balai belum mengetahui terkait teknik dasar bola tangan baik teori maupun praktek karena olahraga bola tangan ini baru masuk ke Riau dan belum di perkenalkan diseluruh Kabupaten / Kota Provinsi Riau dan emosional siswa juga belum stabil pada saat beraktivitas gerak dalam olahraga. Permainan bola tangan belum berkembang pesat seperti olahraga permainan sepakbola, bolabasket dan bolavoli. Hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi serta minimnya fasilitas dan perlengkapan yang dapat digunakan dalam permainan bolatangan, sehingga permainan ini kurang diminati oleh sebagian masyarakat, terutama para siswa di sekolah. Walaupun permainan bolatangan belum populer bagi siswa di sekolah, Akan tetapi permainan bolatangan telah menjadi materi pelajaran yang wajib diikuti dan dilaksanakan oleh siswa. Dalam kurikulum sekolah, salah satu materi pembelajaran yang diajarkan dalam pendidikan jasmani yaitu olahraga permainan, tidak terkecuali materi olahraga bolatangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hampir rata-rata sekolah belum pernah mengenalkan dan menerapkan permainan bola tangan, bahkan masih terdapat dari beberapa guru yang sama sekali tidak mengenal dan mengajarkan permainan bola tangan. Penggunaan Psikologi Olahraga menjadi tuntutan mutlak untuk mengatasi masalah-masalah psikologis pemain juga bagaimana penanganan aspek psikologis ini dapat meningkatkan prestasi pemain. Psikologi Olahraga merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam konteks untuk meningkatkan prestasi olahraga. Pada umumnya pelatih dan olahragawan sependapat bahwa keberhasilan meraih prestasi dalam bidang olahraga setidaknya 40 % ditentukan oleh aspek psikologis.

References

Abdurrochim M. Pengembangan model permainan bolatangan untuk anak usia sekolah dasar kelas atas. J Keolahragaan. 2016;4(1):60.

Anshel M. Sport Psychology. San Francisco: Benjamin Cummings.; 2003.

Effendi H. Peranan psikologi olahraga dalam meningkatkan prestasi atlet. Nusant (Jurnal Ilmu Pengetah Sos. 2016;1:27.

Handayani SG. Peranan Psikologi Olahraga dalam Pencapaian Prestasi Atlet Senam Artistik Kabupaten Sijunjung. Gelangg Olahraga J Pendidik Jasm dan Olahraga. 2019;2(2):1–12.

Mahendra. Bola Tangan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Strata D-III.; 2000. 10 p.

Okilanda A, Iswana B, Wanto S. Pelatihan Pelatih Fisik Level I Nasional KONI Ogan Komering Ulu. Wahana Dedik J PkM Ilmu Kependidikan. 2021;3(2):13.

Rahayu R, Subroto T, Budiman D. Implementasi Model Pembelajaran Pada Olahraga Permainan Bolatangan. Phys Act J. 2020;1(2):107.

Rahman H, Susanto E. Bola Tangan Sebuah Pengantar Dalam Pembelajaran. yogyakarta: Perpustakaan Nasional: Katalog dalam Terbitan (KDT).; 2007.

Setiawan A, Rahmat A. Pengaruh Pembelajaran Bola Tangan Terhadap Perilaku Sosial Siswa. J Pendidik Jasm Dan Olahraga. 2018;3(1):89.

Sumarsono A, Anisah A, Iswahyuni I. Media interaktif sebagai optimalisasi pemahaman materi permainan bola tangan. J Pendidik Jasm Indones. 2019;15(1):hlm. 1–11.

Syafruddin MA, Jahrir AS, Karim A. PKM Sosialisasi Olahraga Bola Tangan di UKM SPORT STKIP YPUP Makassar. J Pengabdi Olahraga di Masy. 2021;2(1):19–22.

Sumarjo S. Peran psikologi olahraga dan kepelatihan dalam olahraga. J War. 2017;53(9):1689–99.

Yulita. Pengembangan Permainan Bola Tangan Gawang Pantul Untuk Pembelajaran Penjasorkes. J Pendidik Jasm Kesehat dan Rekreasi. 2016;3(2):24–31.

Downloads

Published

2022-11-30 — Updated on 2022-12-13

Versions

How to Cite

Henjilito, R. ., Safitri, R. E. ., Yani, A. ., Zikri, I. ., & Yolanda, Y. (2022). PERAN PSIKOLOGI DALAM KONSEP TEKNIK DASAR BOLA TANGAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 2061–2065. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.10037 (Original work published November 30, 2022)