Faktor-Faktor Bagi Siswa Kesulitan Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas IV SD Negeri 7 Air Kumbang

Authors

  • Ferry Kosasi Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Misdalina Misdalina Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Treny Hera Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2827

Keywords:

kesulitan siswa, pembelajaran matematika daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis daring di kelas IV SD Negeri 7 Air Kumbang tahun pelajaran 2021 dan apa saja kesulitan siswa kelas IV dalam pembelajaran matematika berbasis daring  SD Negeri 7 Air Kumbang. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis deskriptif kuantitatif dipadukan sudut kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angtet yang disebarkan kepada siswa  kelas IV serta wawancara dengan guru kelas IV SD Negeri 7 Air Kumbang. Hasil penelitian ini adalah: 1) pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis daring terdiri dari pendahuluan inti dan penutup. Pendahuluan berisi memberi motivasi, semangat dan menyiapkan mental anak didik. Kegiatan inti yaitu menyampaikan meteri dengan membuat video pembelajaran sendiri lalu dibagikan kepada siswa melalui grup WhatsApp. 2) kesulitan siswa kelas IV dalam pembelajaran matematika berbasis daring diantaranya kesulitan teknis (66,52%); kesulitan proses pembelajaran matematika (61,86%); serta siswa nengakami kesulitan eksternal (61,11%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani, R. A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Online Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat.

Arifin, M. F. (2020). kesulitan Belajar Siswa dan Penangannya Pada Pembelajaran Matematika SD/MI. Jurnal Inovasi Penelitian .

Bilfaqih, Yusuf dan M. Nur Qommarudin. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: CV Budi Utami.

Depdiknas. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang setandar penilaian pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi Synchronus dan Asynchronus Dalam E-Learning pada masa Pandemi Covid-19. Jurnal Nomosleca.

Kemendikbud. (2020). Sutar edaran kementrian pendidikan dan budaya direktorat jendal pendidikan tinggi nomor 1 tahun 2020 tentang pencegahan penuebaran Covid-19 di perguruan tinggi. Jakarta.

Natasya, N. D., Surya, Y. F., & Marta, R. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinangn Kota.

Patimah, S., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2020). Analisis Aktifitas Pembelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Campuran Berbasis Daring (Melalui Aplikasi WhatsApp) Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas 4 SDN Pakujajar CBM. Jurnal Kajuan Pendidikan Dasar .

Rahmawanti, N. R., Rosidah, F. E., & Kholidin, F. I. (2020). Analisis pembelajaran daring saat pandemi di madrasah ibtidaiyah. 141-142.

Safitri, N. A. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Via Dragonlearn Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Ma'had Islam Kopeng Tahun Pelajaran 2019/2020.

Sari. (2015). Motivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Ummul Quro.

Siyoto, & Sodik. (2015). Dasar Metologi Penelitian . Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2015). Metode Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekantan Kuantitatif, Kalitatif dan R&D. Bandung: CV.ALFABETA.

Sutia, C., & Sagita, S. (2020). Tanggapan Siswa, Orang Tua dan Guru Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19. http;//doi.org/10.35880/inspirasi.v11i1.141, Vol.11 No.2, Desember 2020; 156-165, 157.

Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian .

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekilah Dasar. 2.

Yuliza, & Derius. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), Vol.1, No.1, Juni 2020, 20-26, 22.

Downloads

Published

2021-11-10