Penerapan Metode Blended Learning Versi Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kelas X Ips 3 SMAN 2 Pangkalan Kerinci Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7365Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Geografi dengan metode Blended Learning versi Flipped Classroom. Adapun rumusan masalah yang telah disusun oleh peneliti adalah : “Apakah dengan menggunakan metode Blended Larning versi Flipped Classroom dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini diterapkan di SMA Negeri 2 Pangkalan Kerinci, di Kelas X IPS 3, sedangkan waktu pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah tahun 2022 pada semester genap. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X IPS 3 sebanyak 29 orang siswa. Analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menentukan aspek-aspek yang diamati pada masing-masing indicator motivasi belajar dan hasil belajar. Hasil penelitian pada bab-bab yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Blended Larning versi Flipped Classroom dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Pangkalan Kerinci, mata pelajaran Geografi pada pokok bahasan menganalisis Dinamika Kependudukan di Indonesia. Setelah dilakukan tidakan pada siklus I motivasi dan hasil belajar kognitif siswa meningkat dari 53,33 % siswa mencapai nilai KKM dan setelah tindakan pada siklus II ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa menjadi 93,10 % telah mencapai nilai KKM.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-10-09
How to Cite
Simanjuntak, L. U. . (2022). Penerapan Metode Blended Learning Versi Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kelas X Ips 3 SMAN 2 Pangkalan Kerinci Tahun 2022. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 102–108. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7365
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lasma Udur Simanjuntak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).