Penerapan Metode Blended Learning Versi Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kelas X Ips 3 SMAN 2 Pangkalan Kerinci Tahun 2022

Authors

  • Lasma Udur Simanjuntak SMA Negeri 2 Pangkalan Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7365

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Geografi dengan  metode Blended Learning versi Flipped Classroom. Adapun rumusan masalah yang telah disusun oleh peneliti adalah : “Apakah dengan menggunakan metode Blended Larning versi Flipped Classroom dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan.  Penelitian ini diterapkan di SMA Negeri 2 Pangkalan Kerinci, di Kelas X IPS 3, sedangkan waktu pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah tahun  2022 pada semester genap. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X IPS 3 sebanyak 29 orang siswa.  Analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menentukan aspek-aspek yang diamati pada masing-masing indicator motivasi belajar dan hasil belajar. Hasil penelitian pada bab-bab yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Blended Larning versi Flipped Classroom dapat meningkatkan motivasi dan  hasil belajar siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Pangkalan Kerinci, mata pelajaran Geografi  pada pokok bahasan  menganalisis Dinamika Kependudukan di Indonesia. Setelah dilakukan tidakan pada siklus I motivasi dan hasil belajar kognitif siswa meningkat dari 53,33 % siswa mencapai nilai KKM  dan setelah tindakan pada siklus II ada  peningkatan  motivasi dan hasil belajar siswa menjadi  93,10 % telah mencapai nilai KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-09

How to Cite

Simanjuntak, L. U. . (2022). Penerapan Metode Blended Learning Versi Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kelas X Ips 3 SMAN 2 Pangkalan Kerinci Tahun 2022. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 102–108. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7365