Penerapan Telegram Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia Pada Kelas X SMAN 3 Tualang Tahun 2021

Authors

  • Florida BR Sembiring SMA NEGERI 3 TUALANG

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7370

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Kimia secara daring dengan  media telegram. Adapun rumusan masalah yang telah disusun oleh peneliti adalah : “Apakah dengan menggunakan media telegram dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar secara daring bagi siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini diterapkan di SMA Negeri 3 Tualang, di Kelas XI, sedangkan waktu pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah tahun  2021 pada semester ganjil. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI sebanyak 33 orang siswa.  Analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menentukan aspek-aspek yang diamati pada masing-masing indicator motivasi belajardan hasil belajar.Hasil penelitian pada bab-bab yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media telegram  dapat meningkatkan motivasi dan  hasil belajar secara daring siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Tualang, mata pelajaran Kimia   pada pokok bahasan menganalisis Globalisasi. Setelah dilakukan tidakan pada siklus I motivasi Metode Ilmiah dan Keselamatan Laboratorium Kimia dan hasil belajar kognitif siswa meningkat dari 54,55 % siswa mencapai nilai KKM  dan setelah tindakan pada siklus II ada  peningkatan  motivasi dan hasil belajar siswa menjadi  90,0 % telah mencapai nilai KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-09

How to Cite

Sembiring, F. B. (2022). Penerapan Telegram Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia Pada Kelas X SMAN 3 Tualang Tahun 2021. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 130–135. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7370