Penerapan Telegram Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia Pada Kelas X SMAN 3 Tualang Tahun 2021
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7370Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Kimia secara daring dengan media telegram. Adapun rumusan masalah yang telah disusun oleh peneliti adalah : “Apakah dengan menggunakan media telegram dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar secara daring bagi siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini diterapkan di SMA Negeri 3 Tualang, di Kelas XI, sedangkan waktu pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah tahun 2021 pada semester ganjil. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI sebanyak 33 orang siswa. Analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menentukan aspek-aspek yang diamati pada masing-masing indicator motivasi belajardan hasil belajar.Hasil penelitian pada bab-bab yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media telegram dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar secara daring siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Tualang, mata pelajaran Kimia pada pokok bahasan menganalisis Globalisasi. Setelah dilakukan tidakan pada siklus I motivasi Metode Ilmiah dan Keselamatan Laboratorium Kimia dan hasil belajar kognitif siswa meningkat dari 54,55 % siswa mencapai nilai KKM dan setelah tindakan pada siklus II ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa menjadi 90,0 % telah mencapai nilai KKM.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-10-09
How to Cite
Sembiring, F. B. (2022). Penerapan Telegram Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia Pada Kelas X SMAN 3 Tualang Tahun 2021. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 130–135. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7370
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Florida BR Sembiring
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).