Pengaruh Model Kooperatif Tipe Round Table Terhadap Hasil Belajar Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV SDN 10 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya

Authors

  • Meri Astuti Universitas Dharmas Indonesia,Sumatera Barat
  • Ratnawati Ratnawati Universitas Dharmas Indonesia,Sumatera Barat
  • Fitria Sari Universitas Dharmas Indonesia,Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2303

Keywords:

Model Kooperatif, Tipe Round Table, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih banyak yang belum mencapai KKM, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe round table terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas IV SDN 10 Koto baru Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-eksperimen Design, dengan pendekatan kuantititatif, dan bentuk desain menggunakan rancangan Quasi Exsperimen metode Non-equivalent Group Post-test Only Design. Subjek penelitan ini adalah siswa kelas IV SDN 10 Koto baru Dharmasraya. Pengambilan sampel penelitian menggunakan Teknik sampling jenuh yang terdiri dari 18 peserta didik . Teknik pengumpulan data dilakukan posttest kelas eksperimen dan post-test kelas kontrol. Alat pengumpul data berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 17 butir soal . Pengukuran hasil belajar berdasarkan rata-rata hasil kelas eksperimen postest rata-rata post test terlihat bahwa nilai rata-rata post test lebih besar dari. hasil rata-rata postest kelas eksperimen rata-rata post-test kelas kontrol terlihat bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih besar dari postest kelas kontrol. Hasil perhitungan hipotesis diperoleh sig <(0,01<0,05 ) yang berarti uji t menolak keberadan H0 dan menerima Ha yang artinya terdapat pengaruh model kooperatif tipe round table terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, N. (2020). Model Kooperatif Tipe Round Table pada Kemampuan Menulis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1451–1459.

Budiningsih, (2012). Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Dwioktiana, Dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Solok Selatan. 1–11.

Hastuti,A,& Budianti Y.(2014) Pengaruh Penggunaan Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas II SDN Bantargebang II Kota Bekasi.II(2),33-38.

Mariana, Arista, DKK. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi.

Nidawati. (2013). Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Agama. 1, 13–28.

Parwasih, Sri, DKK,(2020) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Perencanaan Manusia.1, 6-10

Punin, DKK. (n.d.). Aktivitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Kerja Kelompak pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. 1–10.

Rina, Devianty. Peran Bahasa Indonesia Dan Bahasa Dalam Daerah Pendidikan Karakter. 1–27.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D (Sutopo). Bandung: Alfabet,CV.

Ummul Khair. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra ( BASASTRA ) di SD dan MI. 2(1).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003)

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Astuti, M., Ratnawati, R., & Sari, F. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Round Table Terhadap Hasil Belajar Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV SDN 10 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 153–157. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2303