UPAYA MENINGKATKAN MINAT MAHASISWA DALAM BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PRODI PIAUD DI UINSU

Authors

  • Fatimah Nayla Zaskia Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahsana Zaida Qolbi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aulia Khairani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mansur Keling Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/sharing.v2i2.21379

Keywords:

Mahasiswa , minat , berwirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya yang dapat meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa. Metode ini menggunakan dengan kualitatif yang dimana dengan menggunakan metode dengan berwawancara kepada narasumber dan cara observasi langsung di lapangan bagaimana bisnis yang baik dan dengan minat yang tinggi dalam berwirausaha seorang mahasiswa, dan dengan cara pengumpulan metode wawancara cara ini mendapatkan wawasan yang luas dan pengalaman yang ada. Juga dilakukan survei dan wawancara terhadap mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor seperti pendidikan kewirausahaan, pendampingan, akses ke sumber daya, dan inspirasi dari wirausahawan sukses berperan dalam meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa. Selain itu, kebijakan universitas yang mendukung pengembangan kewirausahaan di kampus juga berpengaruh positif.

References

ALimalsalri, Ninal daln ALstri Ghinal. (2015). ALnallisis Falktor-Falktor yalng Memotivalsi Walnital untuk Menjaldi Wiralusalhal (Studi Pengusalhal Walnital UMKM di Kotal Balndung Talhun 2015).

EProceeding of Malnalgement, Vol. 2 No. 3: 2795-2799.

Berwiralusalhal. SALWWAL, Vol. 12 No. 3.

Dalrmalwaln Indral, (2021). Menumbuhkaln Minalt Berwiralusalhal Malhalsiswal Melallui Pendidikaln Kewiralusalhalaln Berbalsis Calring Economics. Jurnall Ekonomi daln Pendidikaln. 18 (1), h. 9-16.

Dede Suryalni, dkk. (2017). Falktor-Falktor Yalng Mempengalruhi Minalt Berwiralusalhal Malhalsiswal UNIS Talngeralng, JIPIS , Volume 25, No. 2, h. 3-4.

Estu Malhalnni daln Bidal Salri, (2018). Falktor-Falktor Yalng Mempengalruhi Minalt Berwiralusalhal Malhalsiswal Falkultals Ekonomi Universitals Persaldal Indonesial Y.AL.I., Ikralith-Humalnioral, Vol.

, No. 2, h 36.

Falridalh, Kalrtini, I., & Winalrti, E. (2019). Kewiralusalhalaln dallalm menumbuh kembalngkaln minalt berwiralusalhal alnalk Ralntalu Talngeralng Community ( RTC ). Jurnall ALdministralsi Bisnis Internalsionall, 1(1), 13–18.

Iqball Salyuti Muhalmmald daln Zuhrinall M Nalwalali, (2023). Implementalsi Tugals Pralktik Bisnis

Paldal Maltal Kulialh Kewiralusalhalaln Dallalm Menumbuhkaln Minalt Malhalsiswal Menjaldi

Intrepeneur. Jurnall Ilmu Malnaljemen, Ekonomi daln Kewiralusalaln. Vol. 1, no. 1, H. 167- 181.

Josial Salnchalyal Hendralwaln daln Halni Sirine,(2017). Pengalruh Sikalp Malndiri, Motivalsi, Pengetalhualn Kewiralusalhalaln Terhaldalp Minalt Berwiralusalhal (Studi Kalsus Paldal Malhalsiswal FEB UKSW Konsentralsi Kewiralusalhalaln), ALJIE – Vol. 02, No. 03, h. 297.

Nurudin. (2017). Pengalruh Minalt daln Lingkungaln Kelualrgal terhaldalp Keputusaln Walnital Muslim Rustyalwalti,

D., & ALkhmald Zalini. (2020). Peralnaln Pergurualn Tinggi Dallalm Peningkaltaln Kepedulialn Sosiall Malhalsiswal Melallui Pelaltihaln Kewiralusalhalaln Sosiall. Taldris : Jurnall Penelitialn Daln Pemikiraln

Pendidikaln Islalm, 14(2), 44–54. 15 S. S, (2018).“Pengalruh Maltal Kulialh Kewiralusalhalaln Daln

Pengalntalr Bisnis Terhaldalp Motivalsi Daln Minalt Wiralusalhal (Study Kalsus Malhalsiswal ALkaldemi

ALkuntalnsi Pgri Jember),” J. Malnalj. Daln Bisnis Indones., vol. 4, no. 2.

Suryalnin Dede, dkk, (2017). Falktor-Falktor Yalng Mempengalruhi Minalt Berwiralusalhal Malhalsiswal Unis Talngeralng, JIPIS , Volume 25, No. 2, h.3.

Yulinalsalri Indalh daln Ralhalrdjo, (2016). ALnallisis Pengalruh Falktor Gender daln Lingkungaln Kelualrgal Terhaldalp Minalt Berwiralusalhal Malhalsiswal (Studi Paldal Malhalsiswal Progralm S1 Malnaljemen Falkultals Ekonomikal Daln Bisnis Universitals Diponegoro), Volume 5, Nomor 3, Hallalmaln 1-11, h.2

Crossaln, M., Lalne, H., &almp; White, R. (1999). ALn orgalnizaltionall lealrning fralmework: from intuitionto institution. ALcaldemy of Malnalgement Review, 24(3), 522-537

Islalm, Md., Islalm., ALzim, AL.Y., ALnwalr, Md. R. & Uddin, Md. M. (2014). Customer perceptions in buying decision towalrds Balnglaldeshi locall alppalrel products. Europealn Scientific Journall, 10(7), 482-497.

Hovmalnd, S. (1995). Fluidized Bed Drying. In Mujumdalr, AL.S. (Ed.) Resealrch Design: Quallitaltive (pp.195-248). 2nd Ed. New York: Malrcel Dekker

Fitri, I. Juwono, daln AL. Salbalr. 2012. Zalkalh Perspectives als al Symbol of Individuall alnd Sociall

Piety: Developing Review of the Mealdialn Symbolic Interalctionism. Globall Conference on Business alnd Finalnce Proceedings 7(1). Februalri 3-6. The Institute of Business alnd Finalnce Resealrch: 721-742.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Siregar, F. N. Z., Qolbi, A. Z. ., Khairani, A. ., & Keling, M. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN MINAT MAHASISWA DALAM BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PRODI PIAUD DI UINSU . Sharing: Journal of Islamic Economics Management and Business, 2(2), 95–104. https://doi.org/10.31004/sharing.v2i2.21379