PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR DESA SUBARAK KECAMATAN GUNUNG SAHILAN KAMPAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/sharing.v2i2.19680Keywords:
Kualitas, Pelayanan, Kepuasan, MasyarakatAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada kantor Desa Subarak Kecamatan Gunung Sahilan Kampar. Objek penelitian ini adalah masyarakat Desa Subarak yang melakukan pengurusan di kantor Desa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling. Jumlah sampel yang di ambil sebanyak 97 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. , berdasarkan uji t nilai tabel diperoleh sebesar 1,985. Dan diperoleh nilai terhitung sebesar 8.347 sedangkan untuk nilai tabel diperoleh sebesar 1,985. Hal ini menjelaskan bahwa terhitung (8.347) > tabel (1,985) dengan sig 0,000 < sig 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Kualitas Pelayanan pada Kepuasan Masyarakat pada Kantor Desa Subarak Kecamatan Gunung Sahilan. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Kondisi ini menunjukkan jika kualitas pelayanan publik ditingkatkan kembali seperti dalam hal kepastian waktu, tanggung jawab dan kedisiplinan pegawai kantor Desa Subarak maka masyarakat akan merasa puas.References
Astia, T. (2015), Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Camat Tanjung Pinang Timur. Tanjung Pinang : Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Astuti, D., Dewi N.F, Rahman, A. (2018). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Makasar Jakarta Timur. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen. 1(1), 155, ISSN : 2614-3747.
Aulia, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk , Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 6(5), 2461-0593.
Azahraty & Periyadi. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Kabupaten Murung Raya 4(2) Juli, hal.219, ISSN : 2615-2134.
Hardiyansah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media
Herman, M,A,A., Almana O,L., (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kualitas pelayanan Terhadap Kinerja Pada Kantor Kelurahan Kadia Kota Kendari. Jurnal Of Economic and Business. 1(2), hal 60, ISSN : 2599-2007.
Kasmir. (2010). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Lovelock, C., (2011). Service marketing : people, technology, strategy.pearson education india.
Muhlisin. (2018). Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan di Kantor Camat Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin. 3(1), ISSN : 2540-816X.
Sedarmayanti. (2013). Reformasi Administrasi Publik, Dan Kepemimpinan Masa Depan, Bandung, Cetakan Ke Tiga. PT. Rafika Aditama.