PENGEMBANGAN EKOPRENEURSHIP DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/sharing.v2i2.16198Keywords:
Ecopreneurship, Pendidikan, Abad, IndonesiaAbstract
Ecopreneurship merupakan ide yang belum digali oleh peneliti secara eksplisit dan menjadi inovasi pembelajaran di tahun 21st Namun, secara implisit konsep ini diyakini telah diterapkan di beberapa sekolah dasar namun belum ada penelitian lebih lanjut, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan memberikan gambaran perkembangan ecopreneurship di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 22 guru di sekolah dasar. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa pengembangan ecopreneurship di sekolah dasar diintegrasikan dalam muatan kurikulum di sekolah yang berimplikasi pada terciptanya pembelajaran intrakurikuler, pembelajaran ekstrakurikuler dan ruang pamer berdasarkan konsep ecopreneurship. Secara kuantitatif terlihat bahwa 81,2% guru telah mencoba menerapkan prinsip-prinsip ekologi dalam pembelajaran di kelas dan 54.5% guru telah mencoba mengaitkannya dengan prinsip kewirausahaan. Hasil penelitian ini menjadi dasar peneliti dalam melakukan penelitian selanjutnya, selain itu hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru sekolah dasar dalam mengembangkan pembelajaran saat ini di 21st abad ini dan menjadi upaya preventif khususnya bagi Indonesia dalam mempersiapkan diri menuju Indonesia Emas 2045.References
Aryanto, S. 2017. Teacherpreneurship Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Membangun Karakter Masyarakat 21stCentury Guru di Sekolah Dasar. Prossiding Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini (ISBN: 978-602-61418-2-8)Vol. 2, No 1 hal 630-634)
Aryanto, S. 2016. Implementasi Edupreneurship Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar sebagai
Upaya Mempersiapkan Masa Keemasan Indonesia. Prossiding ICE 2016 UNM (ISBN: 978-602-71836-1-2) Vol. 1, No 1 hal 787-793)
Aryanto, S. 2016. Pengembangan Studentpreneurship Berbasis Lokal di Sekolah Dasar Sebagai Upaya Siapkan Generasi Emas Prossiding PGSD UNIKU 2045 (ISBN:978-602-73053-1-1) Vol. 1, No 1 hal 430-439)
Dongoran. 2014. Paradigma Membangun Generasi Emas 2045 Dalam Perspektif Pendidikan
Filsafat. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED (ISSN: 1693-7732 ) Jil. 11, No 1 hal 61-76)
Doppelt, Y. (2005). Penilaian pembelajaran berbasis proyek dalam konteks mekatronika. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 16 no.2: 7-24
Fasbinder, SD. et.al.2012. Menghijaukan Academy Ecopedagogy Melalui Liberal Arts . Rotterdam: Sence-Publisher.
Goleman, D. 2010. Kecerdasan Ekologis, Bagaimana Mengetahui Dampak Tersembunyi dari Apa yang Kita Beli Dapat Berubah Semuanya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Handayani. 2017. Kontribusi Pusat Profil, Perilaku dan Kondisi Terhadap Entrepreneurial Street Pedagang: Studi Kasus pada Pusat Pedagang Kaki Lima di Surabaya. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED (ISSN: 2321-5925 ) Jil. 8, No 1 hal 25-31)
Khan, Richard. 2010. Pedagogi Kritis, Ekoliterasi dan Krisis Palnetary. New York: Penerbitan Peter Lang Manulang. 2013. Grand Design Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal KarakterPendidikan. (ISSN: 1021-831 ) Jil. 1, No 3 p 1-14)
Musfikon. (2012).Metode Penelitian Pendidikan.Jakarta: PT. Prestasi Pustakaria
Matson, Jhony L. 2009. Perilaku dan Keterampilan Sosial pada Anak. London: Springer.
Pirto, Jane. 2011. Kreativitas untuk Keterampilan Abad 21: Cara Menanamkan Kreativitas ke dalam Kurikulum. Rotterdam: Penerbit Sense.
Supriatna, Nana. 2016. Ekopedagogi: Membangun Kecerdasan Ekologi dalam Ilmu Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdaka
Supriatna, Nana. 2016. Kearifan Lokal dalam Membangun Ekoliterasi Siswa Ekopedagogi . Konferensi Internasional UPI tentang Pendidikan Sosiologi Pers.
Melalui Ethnopedagogy dan (p 126-133) Penerbit Atlanti.
Trilling, B. dan Fadel, C. (2009). 21stCentury Skills, Belajar untuk Kehidupan di Zaman Kita. San Fransisco: Jossey-Bas.
Ulwiyah. 2012. Integrasi Nilai Kewirausahaan Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas Untuk Menciptakan A Karakter Academic Entrepreneur. Jurnal Prosiding Keunggulan Kompetitif Semnas (ISBN:978-602-99020-3-7 ) Jil. 1, No 2