PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS KAMPUS TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA ANGKATAN 2018-2021 DI INSTITUT TEKNOLOGI & BISNIS MASTER PEKANBARU

Authors

  • Novriavani Novriavani Institut Teknologi Dan Bisnis Master Pekanbaru
  • Mohd Winario Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Muhammad Zakir Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rifqil Khairi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/sharing.v1i1.11014

Keywords:

Kualitas , Pelayanan, Fasilitas , Kampus , Kepuasan , Mahasiswa

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kampus terhadap kepuasan mahasiswa angkatan 2018-2021 di Institut Teknologi & Bisnis Master Pekanbaru. Objek penelitian adalah seluruh mahasiswa Institut Teknologi & Bisnis Master Pekanbaru, dari angkatan 2018-2021 dengan total mahasiswa sebanyak 998 orang mahasiswa dengan sample sebanyak 90 orang mahasiswa. Teknik analisis yang di gunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji R2, uji T dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa variabel kualitas pelayanan dengan nilai t-hit sebesar 6,286 dan nilai t-tab sebesar 1,987. Sehingga t-hit > t-tab sehingga 6,286 > 1,987 yang artinya Kualitas Pelayanan (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa (Y) di Institut Teknologi Dan Bisnis Master Pekanbaru. Sedangkan variabel fasilitas kampus dengan nilai t-hit sebesar 3,404 dan nilai t-tab sebesar 1,987. Sehingga t-hit > t-tab sehingga 3,404 > 1,987 yang artinya fasilitas kampus (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa (Y) di Institut Teknologi Dan Bisnis Master Pekanbaru. Dengan demikian maka Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh secara signifikan antara kualitas pelayanan dan fasilitas kampus dengan kepuasan mahasiswa angkatan 2018-2021 di Institut Teknologi & Bisnis Master Pekanbaru. Kesimpulannya adalah bahwa nilai Adjusted R Square  sebesar 0,704 atau 70,4% berarti kualitas pelayanan dan fasilitas kampus berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa angkatan 2018-2021 di Institut Teknologi & Bisnis Master Pekanbaru.

References

Al Asad, Hafiez, dkk. (2020). Survei Sarana dan Prasarana Olahraga di SMP

Negeri Sekecamatan Prabumulih Timur. Jurnal Muara Olahraga, 3 (1):11-20.

Bangun, Wilson (2012), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta Erlangga

Arikunto, Suharsimi. 1990. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Danang Sunyoto. 2013. Teori Kusioner dan Analisis Data Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT.Buku Seru.

Harsono (1988). Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta: Penerbit Tambak Kusuma.

Hourke dan S. Nasution, 1995. Olahraga dan Sportifitas. Jakarta: J.B. Wolter.

Husaini Usman. 2013. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Martiani, 2014 “Kontribusi Kekuatan Otot Lengan Dan Kekuatan Otot Punggung terhadap Kemampuan Bantingan Pinggang Dalam Olahraga Gulat Atlet pengda PGSI provinsi Bengkulu”. Skripsi. FKIP. Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, Universitas Bengkulu

Moenir, 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara

Rusli, Lutan (2000). “Menuju Sehat dan Bugar”. Jakarta: Depdiknas.

Soepartono. 2000. Sarana dan Prasarana Olahraga. Semarang: FIK UNNES.

S., Margono. Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sumarno Sumoprawiro, Prestasi Olahraga Indonesia, http://jurnalilmiaholahraga.blogsport.com/2009/07/html.

Suryobroto.Agus. (2004). “Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani.” Yogyakarta: FIK UNY

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional pasal 1 ayat 20 & 21

Uno, H.B. 2017. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Edisi ke-1. Cetakkan ke-15. Jakarta:Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-12-17

How to Cite

Novriavani, N., Winario, M., Zakir, M., & Khairi, R. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS KAMPUS TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA ANGKATAN 2018-2021 DI INSTITUT TEKNOLOGI & BISNIS MASTER PEKANBARU. SHARING: JOURNAL OF ISLAMIC ECONOMICS, MANAGEMENT AND BUSINESS, 1(1), 29–43. https://doi.org/10.31004/sharing.v1i1.11014

Most read articles by the same author(s)