PENANGANAN SIGN ON DAN SIGN OFF BUKU PELAUT CREW KAPAL CAVALO MARINHO 11 OLEH PT. SAMUDERA SUKSES INDONESIA BATAM

Authors

  • Dinda Amalia Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan
  • Dafid Ginting Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan
  • Dirhamsyah Dirhamsyah Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34355

Keywords:

Sign On, Sign Off

Abstract

Makalah ini membahas tentang penanganan Sign On dan Sign Off buku pelaut crew kapal Cavalo Marinho 11 oleh PT. Samudera Sukses Indonesia Batam. Penelitian ini menggunakan metode riset lapangan (field research), yang melibatkan observasi dan diskusi langsung dengan pihak perusahaan, serta riset kepustakaan (library research) menggunakan buku-buku di perpustakaan POLTEK AMI Medan dan sumber bacaan lainnya yang relevan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana penanganan Sign On dan Sign Off buku pelaut diterapkan pada crew kapal. Sign On buku pelaut menandakan bahwa seseorang dengan buku pelaut tersebut telah menjadi crew kapal, dan biasanya diikuti dengan pengurusan Perjanjian Kerja Laut (PKL) yang mencantumkan gaji dan ditandatangani oleh Syahbandar. Sebaliknya, Sign Off buku pelaut adalah proses yang dilakukan ketika masa kontrak kerja crew kapal telah berakhir sesuai PKL atau jika crew harus sign off lebih awal karena masalah seperti keterlambatan pembayaran gaji atau ketidaknyamanan kerja. Beberapa kendala dalam penanganan Sign On dan Sign Off buku pelaut termasuk kurangnya komunikasi antara tim crewing dengan agen serta kerusakan jaringan server yang menghambat proses penanganan sign on dan sign off melalui sistem portal buku pelaut online. Kesimpulannya, penanganan Sign On dan Sign Off buku pelaut crew kapal Cavalo Marinho 11 oleh PT. Samudera Sukses Indonesia Batam umumnya telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai prosedur, namun masih terdapat masalah akibat kurangnya komunikasi dan kerusakan jaringan server.

References

Fathul, Muin.Strategi Pencagahan Penandatanganan Sebelum Selesai Kontrak Crew Asal Indonesia Pada Kapal Mv.Dh Fealth Yang Diageni Oleh Pt. Bintang Samudera Utama, 2022.

Ginting, D. ., Sahid, M. ., & Monika, E. PROSES PERGANTIAN CREW PADA KAPAL MV. ELISABETH OLDENDORF OLEHPT. SEA ASIH LINES (SAL) CABANG BELAWAN. Jurnal Maritim dan Pendidikan (JME) , 3 (1), 218-220.

Ginting, D. ., Taruna, T., & Raja, B. . (2022). IZIN TINGGAL CREW ASING YANG AKAN BEKERJA DI ATAS KAPAL LAY UP PADA PT.ANSARI SHIPPING BATAM DI PELABUHAN BATU AMPAR. Jurnal Maritim dan Pendidikan (JME) , 4 (2), 400 - 406.

Ginting, D., Telaumbanua , F. ., & Faranisa, A. (2022). CREW CHANGE KAPAL SV. LAY VESSEL DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PT.BAHARI LAJU ANUGRAH CABANG BATAM. Journal of Maritime and Education (JME), 4(1), 308-317.

Kalangi, E. H Meyti. Administrasi Pelayaran Niaga. Surabaya : Scopindo, 2021.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Tentang Penanganan.

Kosasih Engkos, dan Soewedo Hananto. Manajemen Perusahaan Pelayaran Jakarta : Raja Grafindo, 2018.

Lutarnas FB, Lia R dkk. Proses Penanganan Masalah Crewing Department Dalam Perekrutan Anak Buah Kapal (ABK) Pada Pt. Bahari Permata Shipping, Jurnal Maritime, 13, No 2, 2023 : 20.

Maharani, H., & Ginting, D. (2023). Rotasi Untuk Pergantian Awak Kapal Terhadap Perjanjian Kerja Laut (Pkl) Milik PT. Pelayaran Sumber Rejeki Bahari Permai. Inovatif: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial , 3 (6), 8591–8602.

Pedoman Penulisan Makalah Jurusan KPNK. Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan, 2023.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM:30 Tahun 2008 Pasal 1 Ayat 3, Tentang Dokumen Identitas Pelaut.

Sari, NW, & Ginting, D. Proses Pengurusan Sign On Buku Pelaut Crew Kapal Pada Kantor KSOP Batam Oleh Pt.Pelayaran Kencana Global Batam, Journal of Maritime and Education (JME), 4, No 1, 2024 : 10167-10178.

Sima, S., Suparman, S., & Yursal, Y. Proses Pengurusan Dokumen Crew List Lokal Di Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai Pada PT. Nusantara Inhil Line Dumai. Journal of Maritime and Education (JME), 2, No 1, 2020 : 79-81.

Sutria, Y., Dirhamsyah, D., & Jufriyanto, J. Peranan Bagian Operasional Dalam Mengurus Izin Olah Gerak Kapal Di Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Pada Pt. Naval Global Trans Cabang Belawan. Journal of Maritime and Education (JME), 4, No 2, 2022 : 386-393.

Undang – Undang RI No : 17 Tahun 2008, Tentang Pelayaran.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Amalia, D. ., Ginting, D. ., & Dirhamsyah, D. (2024). PENANGANAN SIGN ON DAN SIGN OFF BUKU PELAUT CREW KAPAL CAVALO MARINHO 11 OLEH PT. SAMUDERA SUKSES INDONESIA BATAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13328–13332. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34355

Most read articles by the same author(s)