PENANGANAN MUATAN BERBAHAYA CURAH PADAT PALM KERNEL EXPELLER DIATAS KAPAL PADA PT. BAHARI EKA NUSANTARA CABANG BELAWAN

Authors

  • Reynaldi Reynaldi Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan
  • Dafid Ginting Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34353

Keywords:

Muatan Berbahaya, Curah Padat, Palm Kernel Expeller

Abstract

Makalah ini menjelaskan tentang penanganan muatan berbahaya curah padat diatas kapal pada PT. Bahari Eka Nusantara Cabang Belawan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah riset lapangan (field research), penulis melakukan observasi dan wawancara secara langsung kepada pihak perusahaan dan riset kepustakaan (library research), penulis mendapatkan materi atau bahan makalah dari buku-buku yang ada di perpustakaan POLTEK AMI Medan maupun sumber bacaan lainnya yang berkenan dengan pokok bahasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penanganan administrasi muatan berbahaya curah kering di atas kapal. Penanganan muatan berbahaya bongkar maupun muat untuk tetap mengikuti dan memperhatikan segregation tabel yang sudah diatur didalam IMDG Code. Menghindari muatan bisa terkontaminasi, menyebabkan kebakaran, kerusakan dan kebocoran ruang muat (palka). Sedangkan jika didalam proses pemuatan tidak benar memahami prinsip pemuatan yang ada terutama didalam pemuatan barang berbahaya. Perlu penanganan khusus yang akan membahayakan kapal, muatan, bahkan ABK kapal itu sendiri. Peran PT. Bahari Eka Nusantara Cabang Belawan untuk muatan berbahaya ini sangatlah penting karena melalui PT. Bahari Eka Nusantara Cabang Belawan muatan berbahaya ini mendapat penangan khusus dari permohonan-permohonan yang dilakukan oleh PT. Bahari Eka Nusantara Cabang Belawan yang di ajukan ke Instansi terkait. Selain itu Peran dan pemahaman tentang muatan berbahaya awak kapal juga di khususkan terhadap nakhoda dan mualim I yang bertanggung jawab atas pemuatan sangantlah penting. Baik saat persiapan pemuatan dengan membuat loading plan, saat pemuatan, maupun saat pembongkaran. Studi pustaka dan dokumentasi, serta data deskriftif yang berupa tulisan dari beberapa orang sumber. Hasil pembahasan dapat disimpulkan  bahkan manajemen pemuatan yang maksimal seperti halnya penyiapan loading plan, Agent dan PBM yang memiliki sertifikat keahlian IMDG Code untuk penanganan muatan berbahaya baik dari gudang ke atas kapal maupun sebaliknya, pemuatan yang memperhatikan segregation table dengan merujuk dari sifat sifat barang berbahaya sesuai dengan IMDG Code yang baik ketika memuat  muatan dalam jumlah banyak diatas kapal yang dilakukan awak kapal akan tercapai keselamatan pelayaran, keselamatan kapal, muatan dan juga awak kapal itu sendiri.

References

Buku Pedoman Penulisan Makalah Jurusan KPNK. 2023 Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan.

L Hentri Widodo, Eni Tri Wahyuni, M. Aji Luhur P (2023) Manajemen Pemuatan Barang Berbahaya Untuk Keselamatan kapal Muatan Dan Anak Buah Kapal

Ginting, D., & Ginting, D. G. Perananan Keagenan Kapal Dalam Melayani Pengisian Air Bersih Untuk Kebutuhan Km. Amrta Vii Pada Pt. Gesuri Lioyd Cabang Kuala Tanjung. Journal of Maritime and Education (JME), 3(2), 2021 : 245-249.

Ginting, D., Togatorop, T. H., & Marbun, Y. V. (2024). Pemasukan Alat Bongkar Muat Kapal Dari Luar Daerah Pabean Ke Kawasan Bebas Batam Pada PT. Golden Gate Mandiri Batam. Journal of Maritime and Education (JME), 6(1), 635-638.

Ginting, S. ., & Ridany Damanik, D. . (2024). Prosedur Posisi Peti Kemas Di Atas Kapal Dalam Kegiatan Bongkar Atau Muat Barang Berbahaya PT. Prima Nurpanurjwan Jakarta Utara. Journal of Maritime and Education (JME), 6(1), 589 – 592

Kesuma, N., & Chairani, F. (2021). Prosedur Pengurusan Surat Izin Barang Berbahaya Pada PT. Tanto Intim Line Cabang Medan Belawan. Journal of Maritime and Education (JME), 3(1), 238-244.

Kuncoro, A., & Ginting, D. (2023). Proses Penanganan Muatan Minyak Jerigen Didalam Kon Pada PT. Samudera Lautan Luas Medan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2817-2820.

Maharani, H., & Ginting, D. (2023). Rotasi Untuk Pergantian Awak Kapal Terhadap Perjanjian Kerja Laut (Pkl) Milik PT. Pelayaran Sumber Rejeki Bahari Permai. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 8591-8602.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 16 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Penanganan dan Pengangkutan Barang Berbahaya di Pelabuhan

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 152 Tahun 2016, Tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Bongkar Muat Barang Dari Dan Ke Kapal.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 6 Tahun 2021, Tentang Tata Cara Penanganan dan Pengangkutan Barang Curah Padat di Pelabuhan.

Ridho, S., Lilis, L., & Aminullah, A. F. (2023). Peranan PT Adhi Guna Putera Meulaboh Dalam Menangani Pembongkaran Batu Bara Di Dermaga Jetty PLTU Nagan Raya. Journal of Maritime and Education (JME), 5(2), 502-508.

Ryan Septian Anugrah HS, R. S. A. H. (2022). Upaya Pencegahan Keterlambatan Pada Proses Pemuatan di MV. Cosmo Gloria

Tikawani, I., & Ginting, D. (2024). Penanganan Dokumen Bongkar Peti Kemas Domestik Pada PT. Kemasindo Cepat Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 10179-10186.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2008 Tentang Pelayaran.

Yursal, Y., Sahid, M., & Ria, A. (2021). Aktifitas Keagenan Dalam Menangani Dokumen Dan Kebutuhan Kapal Pada PT. Gesuri Lioyd Cabang Kuala Tanjung. Journal of Maritime and Education (JME), 3(2), 264-271.

Widodo Irianto penulis Times Indonesia (2021) Kapal kargo MV X-Press Pearl yang memuat bahan kimia dan terbakar di lepas pantai Sri Lanka

Septiyani, D. ., Yursal, Y., & Rinaldi, F. . (2024). Proses Penanganan Kedatangan Kapal Dengan Sistem Inaportnet Di PT. Salam Pacific Indonesia Lines Cabang Belawan. Journal of Maritime and Education (JME), 6(1), 627 – 634

Setiawan, A. A. (2022). Optimalisasi Penanganan Muatan Bijih Nikel Untuk Mencegah Terjadinya Likuifaksi di MV. Amanah Halmahera AMC

Sima, S., Suparman, S., & Yursal, Y. (2020). Proses Pengurusan Dokumen Crew List Lokal Di Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai Pada PT. Nusantara Inhil Line Dumai. Journal of Maritime and Education (JME), 2(1), 79-81.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Reynaldi, R., & Ginting, D. . (2024). PENANGANAN MUATAN BERBAHAYA CURAH PADAT PALM KERNEL EXPELLER DIATAS KAPAL PADA PT. BAHARI EKA NUSANTARA CABANG BELAWAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13315–13321. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34353

Most read articles by the same author(s)